Nama-nama Planet dan Urutannya di Tata Surya

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Rabu, 27 Jul 2022 00:21 WIB
Planet di Tata Surya
Salah satu planet di tata surya/Foto: NASA
Surabaya -

Sejak duduk di bangku SD, pasti Anda sudah belajar soal tata surya. Mulai dari nama-nama planet hingga urutannya.

Tata surya terdiri dari Matahari, empat planet bagian dalam dan empat planet bagian luar. Planet-planet tersebut beredar mengelilingi matahari.

4 Planet Dalam dan Urutannya di Tata Surya

1. Merkurius

Planet pertama dan paling dekat dengan matahari itu memiliki suhu yang sangat panas. Pada siang hari, suhu permukaan Merkurius mencapai 430 derajat celsius.

Saat malam hari, suhunya turun hingga -200 derajat celsius. Namun demikian, planet tersebut bukan planet terpanas.

2. Venus

Venus terbilang masih dekat dengan matahari karena letaknya tak jauh dari Merkurius. Suhu saat siang hari mencapai 471 derajat celsius.

Venus disebut sebagai planet terpanas di tata surya. Tak hanya itu, planet itu juga mendapat julukan bintang fajar yang memiliki sinar paling terang.

3. Bumi

Bumi disebut planet kehidupan, karena sebagian besar diisi nitrogen dan oksigen. Planet Biru ini memiliki satelit alami yang disebut bulan.

4. Mars

Mars dijuluki planet merah. Sebab, banyak kandungan debu pasir pada planet itu yang membuat warnanya memerah.

Dengan suhu mencapai 60 derajat celsius, Mars memiliki gunung yang sangat besar bernama Olympus Mons.

Atmosfernya relatif berdebu dan mengandung partikulat berdiameter 1,5 ┬Ám yang memberikan penampakan kuning kecoklatan. Mars adalah planet yang musimnya paling mirip dengan Bumi.

4 Planet Luar dan Urutannya di Tata Surya

1. Jupiter

Planet yang terbentuk dari gumpalan gas berupa helium dan hidrogen itu memiliki banyak satelit. Julukan planet terbesar di tata surya melekat pada Jupiter. Planet itu memiliki diameter 142.984 km (88.846 mi) di khatulistiwanya. Massa Jupiter 2,5 kali massa seluruh planet di tata surya.

2. Saturnus

Di urutan selanjutnya ada planet Saturnus yang terkenal dengan cincinnya. Cincin itu membentang sepanjang 6.630 km hingga 120.700 km (4.120 hingga 75.000 mi) di atas khatulistiwa.

Cincin tersebut didominasi oleh kandungan es air dan sedikit senyawa tholin, serta lapisan yang dihujani sekitar 7 persen karbon tak berwujud. Saturnus menjadi planet terbear kedua di tata surya.

3. Uranus

Uranus memiliki jari-jari terbesar ketiga, sekaligus massa terbesar keempat di tata surya. Planet itu pertama kali ditemukan dengan menggunakan teleskop.

Kandungan gas metana menjadikan Uranus berwarna biru kehijauan. Atmosfer Uranus merupakan atmosfer planet terdingin di tata surya. Sebagian besar Uranus terdiri atas es dan bebatuan.

4. Neptunus

Planet terakhir sekaligus terdingin dalam tata surya adalah Neptunus. Planet itu memiliki suhu -200 derajat celsius.

Planet itu sama tuanya dengan matahari yang berusia 4,6 miliar tahun. Mirip seperti bumi, Neptunus berwarna biru karena atmosfernya terdiri dari helium dan hidrogen.

Hanya ada 8 planet di tata surya. Pluto tidak termasuk karena dinilai tidak memenuhi syarat sebagai planet.



Simak Video "Eksplorasi Mars Berujung Menyisakan Sampah Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)