Respons Pengguna Jalan saat Tunjungan Macet gegara Fashion Week

Esti Widiyana - detikJatim
Minggu, 24 Jul 2022 18:29 WIB
tunjungan fashion week
Para model di Tunjungan Fashion Week (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Tunjungan Fashion week ala Citayam di Surabaya kembali digelar di Jalan Tunjungan. Gelaran tersebut membuat lalu lintas menjadi padat cenderung macet.

Respons pengguna jalan berbeda dengan kemacetan yang terjadi akibat gelaran fashion show ini. Ada yang merasa terganggu, namun ada juga yang biasa saja dan tidak menjadi masalah.

"Bikin macet, ramai. Acara ngganggu perjalanan aja," ujar Ade, salah satu pengguna jalan kepada detikJatim, Minggu (24/7/2022).

Selain berjalan pelan, ia juga harus berhenti berkali-kali karena kepadatan yang ada. Ia juga harus berhenti agak lama saat pelican crossing berbunyi dan para model berlenggak-lenggok di zebra cross.

Hal senada juga dikatakan Adhif, pengguna mobil yang kebetulan lewat di Jalan Tunjungan. Adhif merasa keramaian ini sangat mengganggu arus lalu lintas. Ia mengatakan acara ini semestinya tetap bisa digelar tanpa harus memacetkan arus lalu lintas.

"Macet ini. Harusnya di trotoar saja, gak perlu di zebra cross, malah bikin macet," kata Adhif.

Pernyataan berbeda dikatakan Echa, salah satu pengguna jalan yang mengaku tak masalah terjebak kemacetan akibat fashion show. Ia justru mengaku malah terhibur.

"Nggak masalah sih biarpun macet. Malah ini dapat hiburan, saya juga sengaja malah pelan-pelan," kata Echa.

Pengendara motor yang lain, Agung Adyana juga tak merasa terganggu. Sebab Tunjungan Fashion Week ini tidak dilakukan setiap hari dan hanya dilakukan saat weekend saja.

"Ini memberikan pintu kaum muda untuk berkreasi. Dikasih hari tertentu. Kalau sekali-kali gak papa, jangan sering," kata Agung.

Terdapat 2 titik yang dijadikan ajang tampil style fashion sepanjang Jalan Tunjungan. Yakni zebra cross depan sebuah bank swasta Jalan Tunjungan dan zebra cross depan Gang Ketandan hingga Jalan Genteng.

Saat akan memamerkan busana, tombol pelican crosing pada lampu lalu lintas ditekan untuk menghentikan kendaraan. Barulan para model berjalan di zebra cross.

Para model yang akan memamerkan busananya pun terlihat sangat banyak. Hingga pelican crossing ditekan berkali-kali.

Hal itu menyebabkan lalu lintas di Jalan Tunjungan padat merayap hampir 500 meter. Bunyi klakson dari para pengendara juga terdengar ketika waktu berhenti telah habis, namun para model masih ada yang berjalan.



Simak Video "Tanya-tanya Gadget Anak Citayam Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)