Kabar Kesehatan

Cerita Seorang Wanita Kolaps Usai Terus-terusan Ditanya 'Kapan Nikah?'

Tim detikHealth - detikJatim
Sabtu, 23 Jul 2022 04:33 WIB
Ilustrasi KDRT
Ilustrasi, Foto: Getty Images/iStockphoto/Jelena Stanojkovic
Surabaya -

Seorang wanita asal China berusia 27 tahun kolaps usai terus-menerus ditanya kapan nikah oleh orang tuanya. Hal ini membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit.

Dilansir detikHealth, insiden ini terjadi saat wanita yang tidak disebutkan identitasnya ini terlibat pertengkaran dengan orang tuanya. Ia terus ditanya dan didesak terus-menerus oleh keluarganya untuk menikah.

Dikutip dari laman Saostar.vn, pertengkaran sengit itu terjadi sampai akhirnya wanita ini mengalami gagal napas. Saat itu, ia mengalami sesak napas, mati rasa di anggota tubuhnya, dan kejang-kejang.

Wanita itu langsung dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Universitas Qi Mo di Kota Jinan, Provinsi Shandong, China. Setelah diperiksa, dokter mendiagnosis wanita itu mengalami sindrom alkalosis pernapasan.

Sindrom alkalosis pernapasan adalah penyakit yang terjadi saat pernapasan lebih cepat dan lebih dalam. Hal ini menyebabkan peningkatan pertukaran gas alveolar, termasuk mengeluarkan CO2 dari sistem peredaran darah.

Menurut dokter yang merawat wanita tersebut, dr Tran Luong, gejala sesak napas dan mati rasa pada bagian tubuh pasien berangsur-angsur berkurang.

Dr Luong mengatakan kondisi alkalosis respiratorik ini umumnya terjadi pada wanita dan anak yang mengalami perubahan suasana hati. Pasien akan merasa sulit bernapas saat mereka terlalu cemas atau gelisah.

Untuk pengobatan sindrom ini cukup sederhana. Hal yang paling penting dilakukan adalah menenangkan suasana hati pasien dan membantunya untuk mengatur emosinya. Ini dilakukan agar si pasien tidak menjadi cemas atau merasa gembira yang berlebihan.

Kasus yang menimpa wanita itu akhirnya menyebar ke media sosial. Muncul ratusan komentar dari netizen. Banyak dari mereka yang mengaku sangat stres saat mendengar keluarga mendesaknya untuk menikah dan memiliki anak setiap hari.

"Padahal baru 27 tahun, tapi diburu-buru menikah seperti sudah 77 tahun," komentar netizen yang menyayangkan tekanan dari orang tua wanita tersebut.

"Rasanya menikah sekarang jadi mimpi buruk buat semua orang," kata netizen lain.

Aku share berita ini ke mamaku yang juga nggak sabaran," sambung yang lainnya.



Simak Video "Pakar Sebut Pasien Omicron Jarang Anosmia dan Sesak Napas"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)