Duka Wafatnya Pilot Citilink Usai Bawa Pesawatnya Mendarat Darurat

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 22 Jul 2022 08:46 WIB
Pesawat Citilink
Ilustrasi pesawat Citilink. (Foto: Citilink)
Surabaya -

Duka menyelimuti dunia penerbangan Indonesia. Pilot maskapai Citilink Capt. Boy Awalia (48) meninggal dunia usai membawa pesawatnya mendarat darurat di Bandara Juanda Surabaya. Pesawat tujuan Surabaya-Makassar ini telah mengudara, namun karena merasakan sakit, sang pilot membuat keputusan mendarat darurat.

Usai berhasil landing di Bandara Juanda, sang pilot sempat dibawa ke rumah sakit. Namun, nyawanya sudah tak tertolong. Ia dinyatakan meninggal dunia oleh dokter RS Mitra Keluarga, Waru, Sidoarjo.

Berdasarkan informasi resmi dari Citilink, pesawat dengan nomor penerbangan QG 307 itu lepas landas pada Kamis (21/7/2022) pukul 06.00 WIB. Sekitar 15 menit usai mengudara, pesawat kembali dan mendarat lagi di Bandara Juanda. Rupanya, pilot mengalami darurat kesehatan.

"Penerbangan QG307 rute Surabaya ke Ujung Pandang diberangkatkan sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB. Setelah kurang lebih 15 menit mengudara, penerbangan tersebut kembali mendarat di Surabaya dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan," kata Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai dalam keterangan resmi yang diterima detikJatim, Kamis (21/7/2022).

"Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat," imbuhnnya.

Sebelum terbang, Dewa mengatakan semua kru termasuk sang pilot dinyatakan fit atau laik terbang. Dewa menyebut, seluruh kru telah dicek kondisi kesehatannya sebelum terbang. Kesemuanya dinyatakan laik terbang karena dalam kondisi yang fit.

"Dapat disampaikan bahwa sebelum melakukan penerbangan, Citilink Indonesia telah melakukan prosedur pengecekan kesehatan kepada seluruh crew yang bertugas dan dinyatakan fit atau laik terbang," tegas Dewa.

Usai dinyatakan meninggal, almarhum langsung diterbangkan dari Surabaya menuju Jakarta. Jenazah Boy diterbangkan ke Jakarta pada Kamis (21/7) pukul 14.05 WIB.

"Diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku," ujar Dewa.

Sosok Boy dikenal baik dan berdedikasi tinggi, di halaman selanjutnya!