5 Cara Ampuh Agar Bisa Tidur Lebih Cepat

Dina Rahmawati - detikJatim
Rabu, 20 Jul 2022 17:29 WIB
ilustrasi insomnia
Ilustrasi/Foto: ilustrasi/thinkstock
Surabaya -

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia guna mengistirahatkan tubuh dan otak setelah beraktivitas seharian. Namun, beberapa orang kerap mengalami kesulitan tidur dengan cepat di malam hari.

Kondisi tersebut bisa membuat waktu tidur jadi tidak teratur, dan kualitas tidur akan menurun. Jika berlangsung terus-menerus, berbagai efek negatif pada bagian tubuh dan otak bisa muncul.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, agar mata cepat terpejam. Berikut ini detikJatim merangkum 5 cara tidur cepat:

1. Teknik Pernapasan 4-7-8

Dikutip dari Healthline, teknik pernapasan ini dikembangkan oleh Dr Andrew Weil. Teknik pernapasan 4-7-8 bertujuan untuk mengurangi kecemasan dan membantu individu supaya tidur dengan cepat. Berikut langkah-langkah melakukan teknik pernapasan 4-7-8:

  • Ambil posisi duduk yang nyaman
  • Letakkan ujung lidah di belakang gigi depan atas
  • Tarik napas dengan tenang melalui hidung selama 4 detik
  • Kemudian tahan napas selama 7 detik
  • Embuskan napas melalui mulut selama 8 detik
  • Ulangi siklus ini hingga 3 kali

2. Relaksasi Otot Progresif

Berdasarkan sebuah studi dari National Institutes of Health, relaksasi otot progresif merupakan teknik relaksasi untuk mengatasi rasa cemas dan membantu individu untuk tidur lebih cepat. Untuk melakukan teknik ini, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Ambil posisi duduk yang nyaman
  • Mulai dengan mengencangkan otot-otot di wajah, lalu rilekskan kembali.
  • Tarik napas secara perlahan sambil mengencangkan bagian otot tertentu, tahan selama 5 detik.
  • Buang napas sambil mengendurkan otot yang dikencangkan
  • Tetap rileks selama 10 detik sebelum beralih ke bagian otot lain

3. Yoga dan Meditasi

Salah satu penyebab susah tidur ialah stres. Untuk mengatasinya, lakukan yoga dan meditasi supaya pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh lebih rileks.

Ada berbagai gerakan yoga yang dapat diterapkan agar bisa tidur lebih cepat. Mulai dari functional squat, warrior with one side bend, supine bent-knee twist, dan diaphragmatic breathing.

Sedangkan meditasi yang bisa dilakukan ialah meditasi mindfulness. Sebuah penelitian dari jurnal JAMA Internal Medicine menyebut, meditasi mindfulness bisa mengatasi masalah tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Mendengar Musik Relaksasi

Jika kesulitan untuk tidur lebih cepat, Anda bisa mendengarkan musik relaksasi sembari membayangkan tempat atau situasi yang tenang. Sebuah penelitian berjudul Sedative Music Facilitates Deep Sleep in Young Adults menunjukkan, musik relaksasi dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Namun, jika merasa terganggu karena suara musik, sebaiknya hindari kebisingan agar Anda tertidur lebih cepat.

5. Hindari Perangkat Elektronik

Menonton TV, bermain game, dan menggunakan smartphone akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Sebab, cahaya biru pada beberapa perangkat elektronik dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin.

Sehingga pikiran Anda akan tetap aktif dan fokus. Namun, jika Anda perlu menggunakan perangkat elektronik di malam hari, sebaiknya gunakan kacamata atau filter layar cahaya biru.



Simak Video "Karier Kian Bersinar, Surya Insomnia Akui Takut"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)