Warga Mulai Toron ke Madura, Jembatan Suramadu Dipadati Kendaraan

Esti Widiyana - detikJatim
Jumat, 08 Jul 2022 18:30 WIB
toron suramadu
Kepadatan warga hendak Toron ke Madura (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Warga Madura mulai melakukan toron atau mudik Lebaran Idul Adha. Hal ini terlihat di Jembatan Suramadu arah Madura yang mulai ramai pada sore hari setelah jam pulang kerja.

Perayaan Hari Raya Idul Adha sendiri diperingati pada besok Sabtu (9/7) untuk Muhammadiyah dan pemerintah sendiri menetapkannya Minggu (10/7). Toron sendiri sudah menjadi tradisi warga Madura saat hari raya.

Dari pantauan detikJatim, sejak pukul 16.30 WIB Jembatan Suramadu sudah mulai dipenuhi warga yang hendak menyeberang. Semakin, sore justru semakin ramai, terlebih di atas pukul 17.15 WIB. Kendaraan yang toron didominasi motor.

toron suramaduFoto: Esti Widiyana

Pengendara yang toron menyeberangi laut menuju Madura terlihat banyak membawa barang. Seperti tas besar hingga kardus. Ada yang berangkat sendiri bahkan berboncengan bersama istri dan anak.

Ada pun yang berhenti sejenak di pinggir jalan menunggu kerabatnya dan toron bersama-sama. Mereka juga terlihat membawa oleh-oleh kue khas Surabaya.

Salah satu warga Sampang, Abidin (47) mengatakan, jika ia akan toron dan sedang menunggu saudaranya. Ia toron setelah pulang kerja dan melaksanakan Hari Raya Idul Adha besok.

"Iya toron, besok Lebaran di rumah. Biasanya memang satu hari sebelum Lebaran pulang ke Sampang. Di Surabaya kerja," kata Abidin kepada detikJatim, Jumat (8/7/2022).

Sama halnya dengan Siti Romlah (32) warga Pamekasan, ia hendak toron bersama suami dan kedua anaknya. Ia sengaja berangkat sore sepulang suaminya bekerja, agar tidak kemalaman saat sampai kampung halaman.

"Mau pulang ke Pamekasan, besaran (Lebaran) besok. Sore-sore aja, biar ga kemalaman sampai rumah," pungkasnya.



Simak Video "Jajal Kuliner ala Timur Tengah, Rempahnya Nendang!"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)