Review Film Keluarga Cemara 2: Relate Tapi Kurang Mendalam

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Jumat, 08 Jul 2022 15:37 WIB
Keluarga Cemara 2
Film Keluarga Cemara 2/Foto: Instagram @filmkeluargacemara
Surabaya -

Film Keluarga Cemara diadaptasi dari novel karya Arswendo Atmowiloto. Film pertamanya terbilang sukses dan kini tengah tayang sekuelnya.

Dalam sekuelnya, tokoh Abah masih diperankan Ringgo Agus Rahman dan Emak oleh Nirina Zubir). Dalam Keluarga Cemara 2, mereka dapat memaknai kebahagiaan dari kehidupan di desa.

Sementara Euis (Adhisty Zara) dan Ara (Widuri Putri) sebagai putri Abah dan Emak masih kerap bertikai. Terlebih ketika Euis mulai ingin berpisah kamar dengan adiknya itu.

Sutradara dan penulis skenario film Keluarga Cemara 2 yaitu Ismael Basbeth dan M Irfan Ramly. Namun fokus ceritanya tetap pada Ara.

Lahirnya Agil (Niloufer Bahalwan) membuat Ara merasa kurang mendapat perhatian. Abah juga sibuk dengan pekerjaannya. Ara kemudian mulai berpetualang bersama teman sekolahnya, Aril.

Ismael seolah tidak ingin banyak mengubah apa yang telah menjadi selera penonton. Namun eksekusinya terbilang kurang mengena.

Film ini terasa nanggung dan kurang mendalam. Walau setiap tokoh memiliki konfliknya masing-masing.

Saat setiap tokoh bergelut dengan masalahnya masing-masing, mereka lupa untuk menyempatkan quality time. Hal tersebut juga kerap terjadi di kehidupan nyata.

Terlepas dari berubahnya sutradara dan penulis, akting para cast Keluarga Cemara 2 patut diacungi jempol. Adhisty Zara yang sukses memainkan perannya di film Dua Garis Biru, aktingnya tak kalah memukau di drama keluarga ini.

Ketika gadis belia melihat sosok Euis, seolah sedang berkaca pada diri sendiri. Masalah anak muda tersebut memang tak jauh dari yang namanya asmara.

Ara juga terlihat sangat mendalami peran saat kabur mencari rumah Neon. Emosi dan gerak tubuhnya bukti ia menjiwai adegan tersebut.

Banyak yang menyayangkan sekuel Keluarga Cemara tidak sesuai ekspektasi. Namun masih menghibur penonton di momen liburan sekolah.

Drama keluarga ini dinilai relate dengan kehidupan nyata. Di antara saudara yang seharusnya terjalin kerukunan, namun nyatanya tidak semulus yang dibayangkan.



Simak Video "Widuri Putri Ceritakan Keseruannya Belajar Sepeda Roda Dua Saat Syuting"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)