Gembiranya Pesanggem Banyuwangi Dapat Dana Sharing

Ardian Fanani - detikJatim
Rabu, 29 Jun 2022 11:01 WIB
Gembiranya Pesanggem Setelah Dapatkan Dana Sharing : Bisa Buat Kurban
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Sebanyak 14 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Banyuwangi mendapatkan dana sharing sebesar Rp 1,43 miliar dari Perhutani. Pengurus, anggota dan para Pesanggem (pengelola lahan) pun senang setelah mendapatkan dana sharing itu.

Penyerahan dilakukan di Cafe Djawatan Perhutani di Benculuk, Selasa (28/6/2022). Ketua dan pengurus langsung datang dan mendapatkan dana sharing langsung dari Perhutani.

"Alhamdulillah kita dapat dana sharing. kami sangat senang mendapatkan dana ini," ujar Ketua LMDH Wono Makmur, Sukidi, Rabu (29/6/2022).

Sukidi mengaku, dana ini sangat berguna bisa digunakan untuk peningkatan usaha produktif, penguatan kelembagaan,kegiatan sosial lingkungan dan peningkatan kesejahteraan anggota yang dilakukan oleh kelompoknya. Agar para petani /pesanggem yang menjadi anggotanya meningkat perekonomiannya.

"Alhamdulillah bisa untuk meningkatkan perekonomian anggota," tandasnya.

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan, Panca Putra Site mengatakan, total uang yang dibagikan sebanyak Rp 1,413 miliar.

Dengan rincian Rp 1,3 miliar dana sharing produksi kayu untuk 14 LMDH dan Rp 81,4 juta merupakan dana sharing non kayu (Getah pinus) untuk 1 LMDH.

"Penyerahan dana sharing ini adalah salah satu komitmen Perhutani dalam Pengelolaan hutan yang bermitra dengan masyarakat Desa Hutan dalam wadah LMDH," kata Panca.

Menurutnya, sharing produksi merupakan bagian aspek sosial dari perusahaan yang ditujukan kepada masyarakat atau stakeholder Perhutani agar dapat menikmati dari hasil pengelolaan hutan secara bersama.

"Terima kasih atas kerjasamanya dan sinergitas dalam pengelolaan hutan secara bersama," jelasnya.

Dengan terjalinnya kerjasama yang baik, Perhutani dapat melakukan kegiatan produksinya demi keberlanjutan perusahaan serta menumbuhkan ekonomi bagi masyarakat hutan beserta kelestarian lingkungan yang terjaga.

Menurut Panca, agar dapat mandiri serta meningkatkan sinergisitas, peran serta dan kerjasamanya LMDH penting guna mendukung pembangunan kehutanan seperti pada bidang tanaman, sadapan, tebangan.

"Terutama di bidang keamanan hutan demi kelestarian hutan," ungkapnya.

Diharapkan dengan penerimaan dana sharing tersebut LMDH dapat meningkatkan usaha kreatif dan lebih produktif dalam penguatan kelembagaan.

Sebagai catatan, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, secara total telah melakukan penyerahan sharing produksi mulai tahun 2006-2018 senilai Rp 5,4 miliar.



Simak Video "Ini Tampang Pelaku Onani di Depan Pendopo Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)