Kans Duet Khofifah-Eri di Pilgub Jatim, Golkar dan Gerindra Bilang Begini

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 27 Jun 2022 19:17 WIB
Kedekatan Khofifah dan Eri
Khofifah Indar Parawansa dan Eri Cahyadi. (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas calon gubernur (cagub) Jatim dan calon wakil gubernur (cawagub) Jatim 2024 beberapa waktu lalu. Nama Khofifah masih unggul jauh daripada nama-nama lainnya. Menariknya, muncul nama Eri Cahyadi di deretan bursa cagub-cawagub Jatim.

Untuk cagub, sebagai petahana, elektabilitas Khofifah mencapai 39,8 persen. Jaraknya sangat jauh dibandingkan dengan Mensos Tri Rismaharini yang punya elektabilitas sebesar 19,5%. Di peringkat ketiga, justru ada nama Eri Cahyadi dengan elektabilitas 9,6%.

Tidak hanya untuk survei cagub Jatim 2024, nama Eri Cahyadi juga muncul di elektabilitas cawagub Jatim 2024. Eri berada di peringkat ke-2 elektabilitas Cawagub Jatim dengan raihan 13,2%. Eri masih kalah dengan petahana Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak yang meraih elektabilitas sebesar 28%.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai, hingga saat ini masih ada peluang bagi Khofifah menggandeng Eri Cahyadi sebagai cawagub.

"Saya pikir peluang Khofifah-Eri Cahyadi ada, namun relatif kecil untuk Pilgub 2024 kecuali ada penugasan dari DPP PDIP langsung," kata Surokim kepada detikJatim, Senin (27/6/2022).

Lantas, bagaimana kata parpol di Jatim soal potensi duet Khofifah-Eri? Baca di halaman selanjutnya.