Survei Poltracking Jatim: PDIP-PKB Bersaing Jadi Nomor 1, Gerindra 3 Besar

Faiq Azmi - detikJatim
Rabu, 22 Jun 2022 16:33 WIB
Ilustrasi partai politik (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Ilustrasi partai politik (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Surabaya -

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Hasilnya, PDIP dan PKB bersaing ketat memperebutkan posisi pertama.

"PDIP di posisi pertama, namun angkanya hanya terpaut 0 koma dari PKB," kata Research Director Poltracking Indonesia, Arya Budi dalam paparannya melalui zoom, Rabu (22/6/2022).

Arya menjelaskan, pertarungan PDIP dan PKB memperebutkan posisi pertama diperkirakan akan berjalan ketat. Dirinya juga menjelaskan mengapa PDIP dan PKB masih konsisten bertengger di peringkat 1 dan 2 di Jatim.

"Pemilih di Jatim itu cenderung terbagi menjadi dua, nasionalis dan nahdliyin. Dua karakter pemilih ini mengapa PKB dan PDIP Jatim masih mendominasi. PKB basis pemilih se-Jawa adalah nahdliyin," katanya.

Arya juga menyebutkan, figur calon presiden juga memengaruhi elektoral partai, apalagi sejak Pemilu digelar secara serentak. Hal ini memengaruhi suara PDIP di Jatim.

"Kami tidak tahu apakah PDIP mengusung Ganjar nanti, tapi kalau mengusung Ganjar, PDIP akan mendapat insentif elektoral karena elektabilitas Ganjar tinggi. Pemilu serentak menciptakan pemilih linier atau voting lurus. Dari DPRD tingkat kabupaten sampai RI sama parpol pilihannya," katanya.

"Misal Ganjar, identik PDIP, akhirnya insentifnya dapat ke PDIP. Jadi tegak lurus," sambungnya.

Pertarungan ketat juga kemungkinan terjadi untuk memperebutkan peringkat 3. Saat ini, Partai Gerindra bertengger di peringkat ke-3 dari hasil survei Poltracking di Jatim.

"Selisihnya tidak terlalu jauh dengan Golkar yang ada di peringkat 4 dan NasDem di peringkat 5," kata Arya.

Arya menambahkan, masih ada sekitar 20,7% pemilih yang belum menentukan jawabannya di Jatim.

Survei Poltracking Indonesia di Jatim dilakukan pada 16 Mei-22 Mei 2022. Metode survei menggunakan multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.000 dengan margin of error sebesar -+3,2% dan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut elektabilitas parpol di Jatim berdasarkan survei Poltracking Indonesia:

1. PDIP 15%
2. PKB 14,1%
3. Gerindra 9,8%
4. Golkar 9%
5. NasDem 8,6%
6. Demokrat 7,6%
7. PAN 4,5%
8. PPP 4%
9. PKS 2%
10. Perindo 1,4%
11. PSI 1%
12. Berkarya 1%
13. Hanura 0,8%
14. Garuda 0,2%
15. PBB 0,2%
16. PKPI 0,1%
Merahasiakan jawaban: 4,8%
Tidak tahu/tidak menjawab: 15,9%



Simak Video "Survei Poltracking: Elektabilitas PDIP Jauh Ungguli Partai Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)