Kabar International

Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Angkatan Laut Terbesar di Dunia

Tim detikEdu - detikJatim
Selasa, 21 Jun 2022 18:30 WIB
TNI Angkatan Laut melakukan latihan penembakan kapal dalam rangkaian Gelagaspur Kapal di perairan Kepulauan Riau, Kamis (23/7/2020).
Latihan Perang TNI AL di Kepulauan Riau (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Sebagian negara di dunia memiliki wilayah yang didominasi oleh lautan, termasuk Indonesia. Hal ini membuat negara-negara tersebut memiliki pasukan militer angkatan laut yang kuat untuk menjaga kedaulatan negara.

Indonesia memiliki pasukan militer angkatan laut yakni Tentara Nasional Indonesia TNI AL. Salah satu tugas TNI AL adalah menjaga kedaulatan negara di perairan luas. Di samping itu, kekuatan angkatan laut ini meliputi kekuatan kapal perang dan kapal selam yang dimiliki oleh suatu negara.

Menurut data yang dirilis World Population Review tahun 2022, Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan angkatan laut terbesar di dunia. Data ini diambil berdasarkan jumlah kapal perang dan kapal selamnya pada tahun 2020.

Mana saja negara dengan angkatan laut terbesar itu? Berikut datanya dilansir detikEdu.

10 Negara dengan Angkatan Laut Terbesar di Dunia

1. China

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 777

2. Rusia

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 603

3. Korea Utara

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 492

4. Amerika Serikat

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 490

5. Kolombia

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 453

6. Iran

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 398

7. Mesir

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 316

8. Thailand

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 292

9. India

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 285

10. Indonesia

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 282

Negara mana yang memiliki angkatan laut terbesar?

Mengutip laman World Population Review, armada angkatan laut terbesar sepanjang masa dipegang oleh Amerika Serikat (AS) di masa Perang Dunia II. Pada puncak kejayaannya, Angkatan Laut AS memiliki 6.768 kapal.

Seiring berjalannya waktu, sebagian besar negara di dunia telah mengurangi ukuran angkatan laut mereka dan berinvestasi untuk kapal atau aset lainnya. Karenanya, belum ada yang mampu memecah rekor dari AS tersebut.

Angkatan laut terbesar tidak berarti paling kuat

Meski ada data yang menunjukkan angkatan laut terbesar tiap negara, namun hal itu belum tentu yang teratas adalah yang terkuat. Namun, data di atas hanya menampilkan data jumlah kapal di tiap negara.

Angkatan laut sendiri dapat terdiri dari berbagai macam kapal, dari kapal patroli kuno, kapal selam yang dipersenjatai dengan rudal nuklir hingga kapal induk canggih 1000 kaki yang memuat hingga 90 pesawat tempur.

Jika berdasarkan tonase atau ruang muatan kapal maka negara Amerika Serikat menjadi yang terkuat dengan disusul Rusia dan China.



Simak Video "Helikopter Angkatan Laut Meksiko Jatuh, 14 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)