Menakjubkan! Penyu Lekang Kembali Bertelur di Pantai Banyuwangi

Ardian Fanani - detikJatim
Senin, 20 Jun 2022 16:03 WIB
Penyu lekang bertelur
Penyu lekang bertelur (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Seekor penyu lekang indukan berusia puluhan tahun ditemukan bertelur di kawasan Pantai Marina Boom, Banyuwangi. Sebanyak 99 butir telur, ditemukan dalam sarang di pesisir pantai.

Selanjutnya, telur penyu tersebut diamankan ke tempat penangkaran semi alami oleh para relawan dan petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Seksi V Jawa Timur. Hal ini agar telur penyu terhindar dari gangguan predator.

Penyu yang memiliki nama latin Lepidochelys Olivacea ini mendarat di Pantai Marina Boom, Minggu (19/6/2022) dini hari. Penyu yang diperkirakan berusia 30 tahun ini kemudian membuat beberapa sarang sebagai kamuflase.

Penyu lekang ini memiliki panjang 80 cm dan lebar 74 cm. Habitatnya banyak dijumpai di perairan Selat Bali ujung Timur Pulau Jawa.

"Penyu yang bertelur jenis Lekang. Usianya sekitar 30 tahun lebih. Jumlah telurnya ada 99 butir," ujar Didik, petugas MMP BBKSDA Seksi V Jatim kepada wartawan, Senin (20/6/2022).

Dalam sekali bertelur, penyu indukan ini mengeluarkan 99 butir dengan waktu sekitar 2 jam. Sebagaimana habitat aslinya, binatang yang dilindungi ini membuat satu pola pengamanan saat mengeluarkan telur. Telur-telur tersebut terpendam dalam pasir pantai tujuannya agar terselamatkan dan terhindar dari serangan predator.

Petugas dan dua mahasiswa asal Universitas Airlangga Surabaya yang sedang melakukan penelitian tentang penyu di Banyuwangi, langsung mengevakuasi puluhan telur penyu agar tidak dimakan predator yang ada di sekitar pantai. Setelah didata, puluhan telur ini langsung dievakuasi menuju tempat penetasan semi alami.

"Di semi penetasan alami ini, telur-telur hewan langka ini akan terus dipantau perkembangannya. Penetasan semi alami ini milik Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF), selaku pemerhati penyu di Banyuwangi hingga nantinya menetas selama kurang lebih 65 hari ke depan," katanya.

Sejak awal April hingga saat ini, tercatat ada sekitar 17 sarang penyu yang ditemukan di sepanjang kawasan pesisir Pantai Marina Boom dan Pantai Pulau Santen di wilayah perkotaan Banyuwangi.

"Banyuwangi memiliki laut sepanjang 175 kilometer. Sangat berpotensi. Biasanya untuk musim penyu bertelur dimulai dari bulan Februari hingga Juni. Namun pada tahun ini, penyu bertelur dimulai pada awal bulan April karena faktor alam yang ada di selat Bali," tambahnya.

Diketahui, ada tujuh jenis penyu di dunia. Enam diantaranya berada di perairan Indonesia. Sementara dari enam jenis penyu itu, empat jenis penyu ditemukan bertelur dan berada di perairan Banyuwangi. Yakni penyu jenis lekang, sisik, penyu hijau dan penyu belimbing.



Simak Video "Kondisi Memprihatinkan Penangkaran Penyu di Pulau Trisik Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)