Penyelamatan Dramatis Nenek di Kediri yang Tidur Pulas Saat Rumahnya Terbakar

Andhika Dwi - detikJatim
Senin, 20 Jun 2022 12:45 WIB
Rumah di Kediri yang terbakar saat nenek pemilik rumah sedang tertidur pulas.
Rumah di Kediri yang terbakar saat nenek pemilik rumah sedang tertidur pulas. (Foto: Istimewa)
Kediri -

Sebuah rumah di Kediri terbakar habis. Saat kebakaran terjadi nenek penghuni rumah itu sedang tertidur pulas. Untung saja nenek itu tidak sampai turut terpanggang.

Rumah yang terbakar itu berada di Desa Wonorejo, Ngadiluwih. Rumah yang terbakar pada Minggu (19/6/2022) malam itu adalah milik Nenek Supinah (70).

Kapolsek Ngadiluwih AKP Iwan Setyo Budhi mengatakan peristiwa itu pertama kali diketahui oleh Yafis (16) warga setempat yang sekaligus tetangga korban.

Iwan menjelaskan saksi Yafis mengetahui peristiwa itu saat sedang berada di luar rumahnya. Ia melihat kepulan asap dan kobaran api cukup besar dari belakang rumah Nenek Supinah.

"Mengetahui rumah korban terbakar, saksi berteriak meminta bantuan warga sekitar dan berusaha membantu memadamkan api itu," kata Iwan, Senin (20/6/2022).

Ironisnya, saat warga panik dan berusaha memadamkan api Supinah ternyata diketahui masih berada di dalam rumah. Seketika warga berupaya mengevakuasi nenek Supinah bersama Petugas Polsek Ngadiluwih yang sudah tiba di lokasi.

Rumah di Kediri yang terbakar saat nenek pemilik rumah sedang tertidur pulas.Rumah di Kediri yang terbakar saat nenek pemilik rumah sedang tertidur pulas. (Foto: Istimewa)

Warga dibantu petugas dengan susah payah berhasil masuk ke dalam rumah dan membangunkan Supinah serta berusaha menyelamatkan nenek dari kobaran api yang cepat membesar.

"Korban langsung dibangunkan dan berhasil diselamatkan," kata Iwan.

Petugas Polsek Ngadiluwih yang mendapat laporan dari warga tentang kebakaran rumah Supinah telah meminta bantuan mobil pemadam kebakaran. Tiga unit mobil kendaraan Damkar Kediri datang ke lokasi untuk memadamkan api.

Penyebab kebakaran itu, menurut diduga berasal dari bara api pada kayu bekas untuk memasak yang ada di tungku rumah korban.

"Sebelumnya korban menyalakan api di tungku. Diduga api berasal dari bekas bara api kayu. Sedangkan ada tumpukan kayu bekas yang tidak jauh dari bara tungku. Kerugian diperkirakan mencapai 50 Juta rupiah dan tidak ada korban jiwa maupun luka," kata Iwan.



Simak Video "Dicari! Sosok yang Viralkan Jenazah Tak Diantar Warga Bak Sinetron"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)