Nestapa Bayi Perempuan Ditemukan di Rumah Warga dengan Sepucuk Surat

Tim detikJatim - detikJatim
Senin, 20 Jun 2022 09:13 WIB
Surat dan anting yang ditemukan di bayi yang dibuang di Jember
Surat dan anting yang ditemukan di bayi yang dibuang di Jember (Dok. POlsek Semboro)
Jember -

Penemuan bayi berjenis kelamin perempuan di teras rumah menghebohkan warga Dusun Besuki, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Jember. Saat ditemukan, bayi dimasukkan dalam kardus. Ditemukan pula sebuah surat.

Penemuan bayi ini diketahui pertama kali oleh warga setempat, Basori sekitar pukul 04.00 WIB. Di sebelah kardus, ia juga menemukan tas berwarna hijau berisi perlengkapan bayi, sepasang anting emas.

"Saat tadi mau persiapan salat Subuh, saya mendengar suara tangis bayi di depan teras rumah. Saya pastikan itu suara tangisan bayi, saya cepat-cepat keluar, dan ya kaget ada bayi dalam kardus ini," kata Basori, Minggu (19/6/2022).

Basori menduga bayi malang itu dititipkan kepada dirinya untuk dirawat. Namun, ia merasa khawatir dan langsung melaporkan ke RW setempat yang kemudian diteruskan ke polsek.

"Khawatir macam-macam, saya lapor ke warga dan Ketua RW. Kemudian diteruskan ke Mapolsek Semboro," tutur Basori.

Sementara itu, sepucuk surat tersebut diketahui berisi informasi nama dan tanggal lahir bayi. Tak hanya itu, pembuang bayi tersebut juga menuliskan permohonan maaf.

"Lahiran pada Kamis Wage, tanggal 02-Juni-22," demikian isi surat seperti dilihat detikJatim, Minggu (19/6/2022).

"Mohon maaf sebelumnya selapan rambut sama sunat. Terima kasih," sambung isi surat itu.

Warga yang menemukan bayi tersebut mengakui ada surat yang diduga ditulis ibu bayi.

"Karena saya juga menemukan secarik surat ada tulisan permintaan maaf. Tapi khawatir macam-macam, saya lapor ke warga dan Ketua RW. Kemudian diteruskan ke Mapolsek Semboro," tutur Basori.

Di kesempatan ini, Kanit Reskrim Polsek Semboro, Bripka Anton Wijaya membenarkan adanya laporan penemuan bayi tersebut. Mendapat laporan itu, petugas dari Polsek Semboro bergegas ke rumah Basori. Sedangkan bayi malang tersebut langsung dibawa ke puskesmas.

"Benar tadi ada warga yang mengaku menemukan bayi dalam kardus berada di depan rumah. Tepatnya di teras rumah salah seorang warga," kata Anton.

Menurut Anton, bayi malang itu berjenis kelamin perempuan dengan bobot 3,5 Kg. Diduga sengaja ditinggalkan orang tuanya di teras rumah warga. Sedangkan usia bayi diperkirakan 17 hari. Kini, polisi tengah menyelidiki dan mencari siapa pembuang bayi tersebut.

"Alhamdulillah kondisi bayi sehat, dan polisi melakukan penyelidikan untuk mencari pelaku pembuang bayi itu," ungkapnya.

"Selain bayi di dalam kardus, kita amankan juga tas bungkus warna hijau berisi perlengkapan bayi, ada bedak, sepasang anting emas, dan secarik kertas bertuliskan permintaan maaf," bebernya.



Simak Video "Mencekam Dusun di Jember Diserang OTK, Rumah-Kendaraan Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)