Kelalaian Sopir Jazz Main HP hingga Tewaskan Bocah 5 Tahun di Jaksel

Kabar Nasional

Kelalaian Sopir Jazz Main HP hingga Tewaskan Bocah 5 Tahun di Jaksel

Tim detikNews - detikJatim
Sabtu, 18 Jun 2022 15:32 WIB
Man holding hand of girl lying on road, unconscious victim of car accident, 911
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Surabaya -

Seorang anak berusia 5 tahun meninggal setelah Honda Jazz menyeruduk sepeda motor yang dikendarai ayahnya, di Jakarta Selatan. Pengemudi Honda Jazz itu IAR(35) diduga kehilangan konsentrasi karena mengemudi sembari menerima panggilan telepon di ponselnya. Polisi telah menetapkan IAR sebagai tersangka.

Peristiwa itu terjadi Selasa (14/6) malam sekitar pukul 19.30 WIB di Jalan Pancoran Timur, Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, pelaku penabrak bocah itu diduga sengaja menerima telepon beberapa saat sebelum menabrak korban.

"Jadi itu kan pada saat itu dia menerima panggilan telepon. Posisi telepon ada di sebelah kirinya. Dia ambil handphone-nya mau ditaruh di kanan di dasbor," kata Kanit Laka Polres Metro Jakarta Timur AKP Sigit dikonfirmasi detikNews, Sabtu (18/6/2022).

Sigit menegaskan bahwa pelaku tidak menghentikan laju mobil untuk menerima telepon. IAR tetap memacu kendaraannya sembari mencoba memindahkan ponsel itu ke posisi kanan. Saat proses memindah ponsel itulah IAR kehilangan konsentrasi. Dia tidak menyadari ada speed bump di depan.

IAR yang kehilangan kendali tanpa sadar membuat kecepatan mobil bertambah akibat guncangan speed bump. Nahas mobil itu menabrak sepeda motor di depannya yang dikendarai ayah korban. Anak perempuan itu seketika terpental dan terlindas mobil hingga meninggal.

"Tidak konsentrasi lah karena ada kegiatan lain. Dia mengakui terima handphone dan ketika dia mau pindahin handphone dari kiri ke kanan ternyata dia enggak lihat ada polisi tidur. Jadi bisa disebut (lalai) akibat penggunaan handphone," ungkap Sigit.

Pengemudi Honda Jazz itu kini telah ditetapkan tersangka. Pelaku pun telah ditahan dengan ancaman 6 tahun penjara.

Detik-detik insiden Honda Jazz menyeruduk sepeda motor di Jalan Pancoran Timur, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022) itu terekam video CCTV yang menyebar dan viral di media sosial.

Seperti yang terlihat di video itu, korban yang berboncengan motor dengan anaknya AAR tiba-tiba diseruduk mobil Honda Jazz dari belakang. AAR seketika terpental ke bawah mobil. MR, sang ayah langsung histeris ketika putrinya terlindas mobil.

"A**g....a**g..., anak gue," teriak MR sambil memaki pengemudi Honda Jazz. Setelah kejadian itu pelaku malah memundurkan mobilnya. Beberapa warga yang berupaya membantu korban langsung menyuruh pelaku menghentikan mobilnya.

Saksikan juga Sosok Minggu Ini: Kisah Pendiri Institut Musisi Jalanan 'Memberontak' dan Cegat Presiden

[Gambas:Video 20detik]



(dpe/dte)