Rocky Gerung Sebut Jokowi Jenius Pilih PAN di Kabinet-Singgung Nama Anies

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 16 Jun 2022 16:51 WIB
Rocky Gerung (Wilda-detikcom)
Rocky Gerung. (Foto: Wilda-detikcom)
Surabaya -

Presiden Joko Widodo baru-baru ini telah melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan jadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Perdagangan. Rocky Gerung menyebutnya sebagai langkah jenius untuk Pilpres 2024.

Rocky menyampaikan itu dalam diskusi kolaborasi detikcom-Total Politik dengan tema 'Adu Perspektif: Politik Jawa Jokowi, Ojo Dumeh Berbuah Reshuffle' di kanal YouTube detikcom, Rabu (15/6/2022).

Seperti diketahui, Rabu (15/6) lalu Jokowi telah resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.

Selain Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan Jokowi juga melantik Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Sedangkan wakil menteri yang dilantik antara lain Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR /BPN, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Mendagri, dan Sekjen PBB Afriansyah Noor sebagai Wakil Menaker.

Rocky pun memuji Jokowi jenius karena telah memasukkan PAN ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Dengan masuknya PAN dalam kabinet, Rocky menilai peluang Anies Baswedan diusung PAN di Pilpres 2024 bakal kandas.

"Tapi lebih dari itu, kelihatannya Pak Jokowi mengerti bahwa Pak JK ini lagi king maker buat Anies dan potensi untuk merawat Anies adalah PAN, makanya PAN dimasukin ke Istana. Itu kejeniusan Pak Jokowi. Jadi, sebelum PAN ini berminat mengasuh Anies, mending diasuh dulu PAN di Istana, jadi peluang Anies untuk dapat dukungan PAN selesai," katanya.

Sebelum pernyataan itu Rocky Gerung menyebut bahwa reshuffle kabinet kali ini sangat berkaitan dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK) yang sedang santer disebut bakal mendukung Anies Baswedan pada 2024.

Rocky pun mempertanyakan kenapa di dalam reshuffle kabinet Jokowi kali ini JK dia istilahkan 'tersingkir'?

"Sebetulnya Pak JK yang tersingkir dari kabinet, nih. Kan ada menteri yang diganti yang kita tahu dekat dengan Pak Jusuf Kalla. Yang kita tahu yaitu Menteri ATR," jelasnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sebelumnya yang dimaksud Rocky adalah Sofyan Djalil. Pada reshuffle kali ini, Jokowi menggantinya dengan Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI.



Simak Video "Rocky Gerung: Penerus Jokowi Bukan Ganjar, Tapi Anies"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)