ITS Buka Prodi S1 Teknologi Kedokteran

ITS Buka Prodi S1 Teknologi Kedokteran

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 09 Jun 2022 23:55 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan kampus berbasis teknologi. ITS juga memiliki peran mengembangkkan teknologi di bidang kesehatan.
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)/Foto: Istimewa (dok.ITS)
Surabaya -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan kampus berbasis teknologi. ITS juga memiliki peran mengembangkan teknologi di bidang kesehatan.

Tahun ini, ITS kembali membuka program studi (prodi) baru untuk jenjang sarjana (S1). Prodi ini yakni Teknologi Kedokteran yang merupakan pengembangan dari prodi Teknik Biomedik.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menyatakan, ITS secara resmi membuka prodi S1 Teknologi Kedokteran mulai tahun ajaran 2022/2023. Prodi ini akan berada di bawah Departemen Teknik Biomedik.

"Selain Teknik Telekomunikasi, ITS juga membuka prodi baru Teknologi Kedokteran melalui jalur Mandiri dan Kemitraan mulai tahun ini," kata Guru Besar Teknik Elektro tersebut, seperti dalam rilis yang diterima detikJatim, Kamis (9/6/2022).

Lebih lanjut rektor yang akrab disapa Ashari tersebut menjelaskan, ITS harus bisa memperluas bidang keilmuan. Tidak hanya di bidang teknologi dan sains, tetapi juga di bidang kesehatan. Bidang kesehatan tidak hanya prodi Kedokteran, tetapi juga Teknologi Kedokteran.

"Selain Teknologi Kedokteran, ke depannya ITS juga akan meluncurkan prodi rumpun kesehatan lainnya," terang Ashari.

Sementara Kepala Departemen Teknik Biomedik Dr Achmad Arifin ST MEng menginformasikan, disiplin ilmu teknologi kesehatan di ITS sudah dicetuskan sejak 1984. Kemudian ITS mulai membuka departemen disiplin ilmu teknologi kesehatan pertama yakni Teknik Biomedik. Pada 2022, Teknik Biomedik berkembang dengan terbentuknya prodi Teknologi Kedokteran.

Dosen yang biasa disapa Arifin menekankan, perbedaan Teknik Biomedik dengan Teknologi Kedokteran adalah implementasi disiplin ilmu tersebut. Teknik Biomedik memiliki ranah pembuatan dan pengembangan aspek teknologi dan riset, sedangkan teknologi kedokteran lebih ke ranah pengaplikasian teknologi yang dibuat.

"Karena masih serumpun, para siswa yang tertarik pada elektronika dan kesehatan dapat mengikuti seleksi kemitraan dan mandiri ITS," jelasnya.



Simak Video "Mainstage Kaleb J: Kebutuhan Hati - To The Moon And Back - It's Only Me"
[Gambas:Video 20detik]