Heboh! Ibu Melahirkan Bayi Perempuan di Pinggir Jalan

Kamaluddin - detikJatim
Sabtu, 04 Jun 2022 20:48 WIB
Warga menunjukkan lokasi ibu melahirkan di pinggir jalan di Sampang
Warga heboh melihat foto bayi perempuan yang dilahirkan seorang ibu di pinggir jalan. (Foto: Kamaluddin/detikJatim)
Sampang -

Seorang ibu melahirkan bayi perempuan di pinggir Jalan Desa Tanggumong, Kecamatan Kota Sampang. Peristiwa ini sempat menghebohkan pengguna jalan yang mengira ada kecelakaan.

"Pasien atas nama SM (26) warga Dusun Teban, Desa Kamoning, Kota Sampang melahirkan di pinggir jalan. Kejadiannya pukul 09.30 Wib," kata Drg Hurin Ain Kepala Puskesmas Kemuning, Selasa (04/06/2022).

Menurut Hurin pasien SM sebenarnya sudah menelepon bidan yang biasa memeriksa kandungannya sejak pagi dan sudah dimintai segera ke puskesmas karena memang sudah saatnya melahirkan.

Namun, hingga pukul 08.15 WIB pasien ternyata tak kunjung berangkat ke puskesmas. Bidan kembali menelepon, tapi SM masih saja santai belum berangkat dengan alasan sakit biasa.

"Mungkin orangnya (SM) masih kuat menahan sakitnya, sehingga masih santai di rumah dan tidak segera berangkat ke Puskesmas sesuai dengan saran Bu Bidan," kata Hurin.

Tidak lama kemudian sekitar pukul 09.00 WIB SM yang sudah mulai merasakan mulas tak tertahan diantar oleh suaminya AF ke Puskemas. Padahal jarak rumahnya dengan puskesmas sekitar 8 km.

Hurin mengatakan, sekitar pukul 09.30 WIB Puskemas mendapat telepon yang mengabarkan ada perempuan yang melahirkan di pinggir Jalan Desa Tanggumong. Tak lain adalah SM.

"Tim VK beserta ambulans langsung datang ke lokasi untuk menolong bayi dan membawanya ke puskesmas. Proses mengeluarkan plasenta juga dilakukan di puskesmas," ungkap Hurin.

Warga menunjukkan lokasi ibu melahirkan di pinggir jalan di SampangWarga menunjukkan lokasi ibu melahirkan di pinggir jalan di Sampang. (Foto: Kamaluddin/detikJatim)

Bayi perempuan itu pun lahir dengan selamat dan sehat, tidak kekurangan sesuatu apapun, kondisi SM sang ibu pun sehat. Bahkan sudah dibolehkan pulang bersama sang bayi Sabtu siang.

Warga Dusun Karongan, Desa Tanggumong, Kecamatan Kota Sampang Fitria menuturkan bahwa peristiwa itu berlangsung di pinggir jalan Raya Kemuning, tepat di depan rumahnya.

"Pokoknya kejadiannya tadi sebelum azan duhur. Tiba tiba ada dua motor berhenti persis di depan rumah saya. Satu membonceng yang mau melahirkan satu membonceng orang tuanya," kata Fitria.

Menurutnya, SM yang dibonceng hendak memeriksakan kandungan ke Puskesmas Kemuning sudah tidak kuat menahan hingga akhirnya memutuskan turun dari sepeda motor dan melahirkan.

"Tidak lama kok. Begitu berhenti, turun, langsung melahirkan. Anaknya perempuan," ungkap Fitria.

Pengguna jalan yang mengetahui itu segera menelepon Puskesmas Kemuning mengabarkan ada orang melahirkan di pinggir jalan. Warga menunggu petugas medis karena ari-ari janin belum dipotong.

"Ada sekitar 15 menitan ambulans datang. Ibu bidannya membantu memotong tali ari-ari bayi itu kemudian membawa ibu dan anaknya langsung ke Puskesmas," pungkas Fitria.



Simak Video "Melihat 'Gubuk' Latihan Atlet Tembak Sampang yang Raih Juara Umum Porprov"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)