Karapan Sapi di Sampang Berlangsung Meriah Meski Ada Wabah PMK

Kamaluddin - detikJatim
Jumat, 27 Mei 2022 00:10 WIB
Karapan Sapi di Sampang berlangsung Semarak disaksikan ribuan penonton
Karapan sapi di Sampang (Foto: Kamaluddin/detikJatim)
Sampang -

Setelah hampir dua tahun mandeg, Karapan Sapi Bupati Sampang Cup kembali digelar untuk umum. Pagelaran karapan sapi memperebutkan piala Bupati Sampang ini berlangsung meriah dan ditonton ribuan warga, baik dari Sampang dan dari luar Madura.

Masyarakat berbondong-bondong hadir mengobati rindunya melihat karapan sapi yang lama vakum sejak pandemi COVID-19. Mereka mengaku bersyukur pandemi sudah berakhir, sehingga mereka bisa kembali melihat karapan sapi langsung di lapangan. Bahkan mereka juga tidak peduli adanya wabah PMK.

"Alhamdulillah sekarang sudah bebas bisa nonton karapan sapi lagi. Selama pandemi tidak bisa nonton karapan sapi sebatas latihan. Kalau pun ada pertandingan selama ini kan tertutup bagi penonton. Bahkan dilarang," kata seorang warga, Imam, Kamis ( 26/5/2022)

Karapan Sapi memperebutkan piala Bupati sampang ini diikuti 48 pasang sapi dari empat kabupaten di Madura. Mereka akan memperebutkan tiga juara kelas atas dan tiga juara kelas bawah. Selain trofi ada hadiah empat unit motor dan dua buah mobil yang akan dibawa pulang.

"Mudah-mudahan kondisi terus normal sehingga sapi kami para pemilik sapi tidak hanya menghabiskan biaya untuk latihan saja, tapi bisa berkompetisi," ujar Hairul Anwar pemilik sapi asal Blega, Bangkalan.

Sementara Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengungkap digelarnya karapan sapi ini untuk menjaga dan melestarikan Budaya Madura. Selain itu karapan sapi ini diadakan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan sebagai sarana promosi wisata kepada masyarakat luar.

"Mudah-mudahan dengan digelarnya karapan sapi ini gairah wisata dan perekonomian di kabupaten Sampang bisa kembali bangkit," ungkapnya.



Simak Video "Menjaga Keseimbangan Di Atas Karapan Sapi, Palu"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)