Gubernur Khofifah Hadiri Festival Rujak Uleg Peringati HUT Surabaya

Faiq Azmi - detikJatim
Minggu, 22 Mei 2022 22:10 WIB
festival rujak uleg dihadiri wali kota surabaya dan gubernur khofifah
Gubernur Khofifah-Walkot Eri Cahyadi hadiri festival rujak uleg (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Ribuan warga Kota Surabaya tumpek blek memadati kawasan Kembang Jepun pada Minggu (22/5/2022) malam. Ribuan warga Surabaya antusias mendatangi Festival Rujak Uleg dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-729.

Dalam Festival Rujak Uleg ini, juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Juga tampak pimpinan DPRD Kota Surabaya. Mereka juga meramaikan menguleg rujak.

Pantauan detikJatim di lokasi, ada ratusan stan rujak uleg yang berpartisipasi di festival ini. Para peserta sudah memulai 'mengulek' rujak sejak maghrib. Setelah itu, peserta juga menghias meja dengan berbagai ornamen.

Salah satu peserta Festival Rujak Uleg, Abdiono mengaku dirinya mewakili instansi pemerintah Surabaya. Dirinya bersama tim membuat sebanyak 150 porsi rujak uleg yang akan dibagikan ke warga.

"Setelah dua tahun ini, kami sudah sangat antusias untuk turut serta di festival ini. Jadi kami siapkan 150-an porsi buat pengunjung, gratis," katanya.

Dian Puspita, peserta lainnya mengaku, sudah rindu dengan festival rujak uleg setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19.

"Seneng karena uda 2 tahun, terakhir 2019. Ini kan pesta rakyat, jadi warga juga harus senang, kita buatkan rujak uleg enak pedes nampol," kata Dian.

Sementara, salah satu pengunjung, Ernita mengatakan, sudah rindu suasana pesta rakyat seperti Festival Rujak Uleg. Dia berharap, akan ada festival-festival lain yang dihelat di Surabaya.

"Semoga COVID-19 ini benar udah hilang, dan banyak festival-festival gini digelar," ungkapnya.



Simak Video "Menikmati Suasana Romantis di Wisata Air Kalimas Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)