Ribuan Personel Akan Amankan Pilkades Sidoarjo, Perusuh Bakal Ditindak

Suparno - detikJatim
Sabtu, 21 Mei 2022 02:03 WIB
polresta sidoarjo
Ribuan personel diterjunkan amankan Pilkades Sidoarjo (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Polisi akan menerjunkan ribuan personel gabungan untuk mengamankan jalannya pilkades serentak Sidoarjo yang digelar 19 juni 2022. Jika ditemukan adanya kerusuhan, polisi tak segan-segan memberikan sanksi tegas kepada pelaku kerusuhan tersebut dan memproses sesuai hukum yang berlaku.

Hal itu disampaikan oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro usai melakukan sosialisasi kamtibmas ke desa-desa. Salah satunya dengan mengadakan cangkrukan kamtibmas di balai desa Sawocangkring Kecamatan Wonoayu.

"Jika ditemukan adanya kerusuhan, polisi tak segan untuk menindak tegas pelaku kerusuhan, sesuai hukum yang berlaku," kata Kusumo di Balai Desa Sawo Cangkring, Jumat (20/5/2022).

Dengan menghadirkan para calon kepala desa, BPD dan panitia pilkades, Kapolresta Sidoarjo memberikan gambaran hukum hingga pengamanan pada kontestasi di kota delta agar pilkades serentak dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

"Polresta sidoarjo akan menerjunkan 1100 personel, dibantu 100 personel dari Brimob. 200 personel Dalmas Polda. Serta personil dari TNI yang berasal dari Kodim 0816 dan Korem 084 Bhaskara Jaya," jelas Kusumo.

Kusumo menambahkan selain itu, jika ditemukan adanya botoh-botoh di setiap desa yang melakukan pemilihan kepala desa secara serentak, polisi meminta masyarakat untuk melaporkan ke pihak kepolisian terdekat.

Cangkrukan kamtibmas digelar bergantian, sebagai forum mewujudkan kondusifitas kamtibmas Pilkades serentak 2022 di 84 desa Kabupaten Sidoarjo pada 19 Juni 2022. Selain itu, dihadapan Forkopimka, panitia penyelenggara, perangkat desa dan para calon kepala desa juga dipaparkan kesiapan pengamanan TNI-Polri dan netralitas dalam Pilkades serentak

"Mari laksanakan Pilkades di wilayah kita, dengan tertib, damai dan mematuhi semua peraturan. Sehingga situasi kamtibmas di Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif," pesan Kusumo.

"Kami dihimbau selama masa Pilkades tidak berbuat anarkis, saling hasut, menyebar berita bohong, menebar kebencian serta tidak menjadikan Pilkades sebagai ajang taruhan," tandas Kusumo

Untuk diketahui ada 84 desa di Sidoarjo dari total 18 kecamatan yang bakal menggelar pemilihan kepala desa secara serentak pada 19 juni 2022 mendatang.



Simak Video "Penampakan Serbuan Laron 'Teror' Pengendara di Jembatan Kali Porong"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)