Jelang Idul Adha, Petugas Gabungan Bojonegoro Pantau Pasar Hewan saat Wabah PMK

Ainur Rofiq - detikJatim
Kamis, 19 Mei 2022 14:41 WIB
wabah pmk bojonegoro
Pemantauan hewan ternak di Bojonegoro (Foto: Ainur Rofiq/detikJatim)
Bojonegoro -

Jelang Hari Raya Idul Adha, petugas gabungan memantau dan mengawasi pasar hewan. Pemantauan yang dilakukan Polres, Kodim 0813/Bojonegoro dan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro, ini tidak lain mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sudah menyebar di wilayah kabupaten lain.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, mengatakan pihaknya aktif memantau dan mengawasi hewan ternak yang diperjualbelikan di pasar hewan.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk mencegah wabah PMK pada hewan ternak yang diperjualbelikan di pasar hewan yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro, apalagi jelang Idul Adha," kata Kapolres AKBP Muhammad, Kamis(19/5/2022).

Seluruh hewan ternak yang akan masuk ke pasar hewan dipastikan sehat terlebih dulu. Petugas gabungan juga memeriksa kesehatannya.

"Untuk pemeriksaan kesehatan hewan sudah disiapkan petugas dan dokter hewan. Ini untuk memastikan tidak ada hewan yang terkena penyakit," ucapnya.

Muhammad menambahkan pihaknya memerintahkan bhabinkamtibmas bekerjasama dengan tiga pilar untuk melakukan pendataan dan pengecekan hewan ternak yang ada di desa binaannya.

"Untuk di tingkat polsek sudah dilaksanakan pendataan maupun pengecekan ke sejumlah peternak di wilayah hukum Polres Bojonegoro. Hal itu dilakukan guna memastikan tidak ada hewan ternak yang terjangkit PMK. Harapannya jika diketahui sejak dini, penyakit tersebut bisa segera ditindaklanjuti, tentunya dengan sinergi instansi terkait," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau seluruh peternak sapi untuk tetap waspada dengan adanya sebaran virus PMK. Bila hewan ternaknya mengalami gangguan kesehatan, agar segera melaporkan kepada tiga pilar di Kecamatan masing-masing.

"Jika menemukan penyakit seperti luka di mulut atau di kuku pada hewan ternak segera laporkan, dan jangan panik," pungkasnya.



Simak Video "Cerita Peternak Lumajang yang Sapinya Kena Penyakit Mulut dan Kuku"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)