Banjir Rob di Kalimas Baru Picu Aktivitas Bongkar Muat-Transportasi Terganggu

Esti Widiyana - detikJatim
Selasa, 17 Mei 2022 15:12 WIB
banjir rob di jalan kalimas surabaya
Banjir rob di Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Warga yang tinggal di pesisir Surabaya diimbau berhati-hati melaksanakan aktivitasnya. Pasalnya, selama 3 hari mulai hari ini 17-20 Mei 2022 banjir rob merendam Jalan Kalimas Baru setinggi 50 - 60 cm.

BMKG Maritim menyebut aktivitas bongkar muat, transportasi, dan nelayan tambak, pasti akan terganggu. Hal ini lantaran fenomena banjir rob.

"Pagi ini, tanggal 17 Mei 2022, tepatnya di Jalan Kalimas Baru terjadi banjir rob diakibatkan kenaikan permukaan air laut yang mengenai daratan. Fenomena ini diakibatkan grafitasi bulan," kata Kordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno saat dihubungi detikJatim, Selasa (17/5/2022).

"Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas, karena akan mengganggu bongkar muat, transportasi, dan nelayan tambak," tambahnya.

Sutarno mengatakan, banjir ini dianggap banjir rob langganan. Biasanya, banjir rob terjadi sebulan sekali, saat awal bulan dan bulan purnama.

Dampak banjir rob setinggi 60 cm ini, beberapa kendaraan mogok. Baik motor maupun mobil. Sehingga pengendara harus menuntun dan mendorong kendaraannya.

"Banyak kendaraan roda 2 dan 4 yang mogok. Motor dan mobil mogok," ujarnya.

Meski begitu, tidak ada pengaruh pada kegiatan nelayan. Nelayan masih tetap bisa melaut.

"Untuk banjir rob, nelayan melaut tidak terpengaruh," pungkasnya.



Simak Video "Menikmati Suasana Romantis di Wisata Air Kalimas Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)