4 Bus Kecelakaan di Karanganyar, Siswa SMP 1 Kepanjen Gagal Wisata ke Yogya

Muhammad Aminudin - detikJatim
Rabu, 11 Mei 2022 14:32 WIB
SMPN 1 Kepanjen Malang yang bus wisatanya terlibat tabrakan beruntun di Karanganyar
SMPN 1 Kepanjen Malang. (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Malang -

Empat dari 7 bus pariwisata terlibat tabrakan beruntun di ruas Tol Ngawi-Solo di Karanganyar. Ratusan siswa kelas IX SMPN 1 Kepanjen Malang pun batal berwisata ke Yogyakarta.

"Ada tujuh bus membawa siswa kelas IX untuk berwisata ke Jogja selama dua hari," kata Humas SMP Negeri 1 Kepanjen Rustini ketika ditemui detikJatim di kantornya, Rabu (11/5/2022).

Ia mengaku baru menerima kabar kecelakaan beruntun itu tadi subuh tadi dari beberapa guru yang ikut dalam rombongan itu. "Saya dapat informasi dari guru, subuh tadi," ujarnya.

Menurut Rustini, ada lebih dari 300 pelajar kelas IX turut dalam rombongan wisata itu. Mereka didampingi belasan orang guru dan pembimbing.

"Total ada 325 siswa yang ikut dalam rombongan wisata itu didampingi guru dan pembimbing yang jumlahnya 16 orang," katanya.

Sesuai informasi yang diterima Rustini, ada sejumlah pelajar yang mengalami luka akibat kecelakaan itu. Namun, seluruhnya hari ini sudah dalam perjalanan pulang ke Malang.

"Alhamdulillah tidak ada yang luka berat. Semua perjalanan pulang hari ini diangkut bus pengganti," katanya.

Rustini mengatakan, 7 bus itu berangkat bersama dari SMPN 1 Kepanjen pada Selasa (10/5/2022) malam pukul 20.00 WIB.

Bus itu rencananya akan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Jogja. Yakni di Goa Pindul di kawasan Gunung Merapi, hingga berakhir di Jalan Malioboro.

"Rencananya tanggal 12 besok sudah balik dan sampai di sini lagi. Kemarin berangkat sekitar jam 8 malam," ujarnya.

Pantauan detikJatim, suasana di SMP Negeri 1 Kepanjen yang terletak di Jalan Ardirejo, Kepanjen, tampak lenggang. Tidak terlihat para orang tua datang pasca-kecelakaan beruntun itu.

Pihak sekolah telah menyampaikan kabar kecelakaan ini kepada wali murid. Menurut Rustini, hanya ada satu orang tua yang siang tadi hadir setelah menerima kabar kecelakaan itu.

"Tadi hanya satu orang tua ke sini, tanya soal kecelakaan itu. Sudah kami jelaskan, dan nanti bus akan kembali ke sini (sekolah). Tapi enggak tahu datangnya jam berapa," ujarnya.

Sebelumnya, ada 6 kendaraan terlibat tabrakan beruntun di Tol Karanganyar pada Rabu (11/5/2022) dini hari. 4 dari 6 kendaraan dalam kecelakaan itu adalah bus wisata rombongan SMPN 1 Kepanjen, Malang.

Kecelakaan di ruas Tol Ngawi-Solo, tepatnya di KM 513 di Karanganyar itu terjadi pukul 02.30 WIB. Akibat kecelakaan itu 1 orang kernet salah satu bus meninggal.



Simak Video "Tabrakan Beruntun Terjadi di Tol Layang MBZ, Lalin Macet Parah!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)