Walkot Eri Lakukan Swab Acak Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19

Esti Widiyana - detikJatim
Selasa, 10 Mei 2022 22:49 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengingatkan orang tua lebih memperhatikan kesehatan anak. Meski di Surabaya belum ada laporan kasus hepatitis akut.
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Pada H-2 lebaran, kasus aktif COVID-19 ada 30 orang di Surabaya. Kini, H+8 lebaran kasusnya justru turun menjadi 20 orang.

Meski begitu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tetap melakukan antisipasi lonjakan kasus. Untuk mencegahnya, Eri akan melakukan swab acak dan tidak swab massal.

Swab acak ini dilakukan ketika petugas menemukan pelanggaran prokes di suatu tempat. Maka, tempat itu yang akan dilakukan swab. Bukan swab massal ke semua wilayah.

"Nggak kita lakukan (swab massal). Kita lakukan secara acak, bukan swab massal. Kalau malam dicek lapangan baru ada acak, gak onok massal. Wis bismillah COVID-19 ilang," kata Eri kepada wartawan di Puskesmas Pucang Sewu, Selasa (10/5/2022).

Antisipasinya pun masih sama seperti sebelumnya. Pasca lebaran ada pengecekan pendatang ke Surabaya. Satpol PP, BPB Linmas juga turut menjaga wilayah tersebut.

"Lalu kita gerakkan satgas jogo kampung, siapa yang datang untuk mematuhi prokes. Ada tidak keluhan?," ujarnya.

Eri mengatakan, jika ia ingin membangun Kota Pahlawan ini tidak hanya di pemerintah saja. Melainkan bersama dengan masyarakat yang juga harus mencintai kota dan wilayahnya.

Sementara itu, pada tanggal 8 Mei ke 9 Mei terdapat tambahan 2 kasus baru. Menurut Eri, tambahan kasus itu masih terbilang wajar. Ia juga menegeaskan, tambahan itu bukan karena pasca lebaran.

"Gak signifikan, kalau nambah 1-2 itu wajar. Bukan karena pulang lebaran tapi karena di dalamnya. Perhitungan 1-2 persen. Tapi ini menjadi kewaspadaan kita. Kita lihat, kalau seminggu paska lebaran munggahe piro, nek munggahe 2 yo Alhamdulillah gak onok apa-apane," pungkasnya.



Simak Video "Sambut Baik detikjatim, Ini Harapan Walkot Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)