Mbois Rek, Desainer Asal Surabaya Rancang Kaftan dari Tenun NTT

Tim detikJatim - detikJatim
Minggu, 01 Mei 2022 17:10 WIB
baju lebaran dari tenun ntt
Baju lebaran dari Tenun NTT (Foto: dok. Stephanie Zhang)
Surabaya -

Sebagian orang telah menyiapkan baju baru untuk lebaran. Namun, tak jarang masih ada orang yang bingung untuk memadukan busana untuk digunakan sepanjang perayaan Idul Fitri.

Salah satu desainer asal Surabaya, Stephanie Zhang memberi ide busana lebaran dari wastra nusantara. Kali ini, dia merancang kaftan dari bahan kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT). Simak penjelasannya.

"Selama ini saya melihat kaftan itu mayoritas menggunakan bahan sifon atau satin, saya kepikiran bikin yang unik dari wastra nusantara (tenun NTT)," ucap Stephanie saat dihubungi detikJatim, Minggu (1/3/2022).

Stephanie memilih tenun NTT karena dianggap unik dan dan elegan. Selain itu, dia ingin mengenalkan tenun ini kepada masyarakat luas melalui karyanya.

ide baju lebaran dari tenun nttIde baju lebaran dari Tenun NTT Foto: dok. Stephanie Zhang

"Warna tenun yang saya pilih itu kombinasi cokelat, hitam, dan maroon. Ketiganya elegan. Ya, semoga masyarakat jadi banyak yang mengenal kain ini," tutur Stephanie.

Kaftan yang dirancang Stephanie berupa busana longgar dengan potongan lengan lebar atau model kelelawar. Pada bagian tengahnya diberi serutan.

"Jadi bisa menyesuaikan bentuk tubuh, terus serutan ini bisa diganti obi atau sabuk," papar ibu 3 anak itu.

Bagi muslimah yang menggunakan hijab, Stephanie menyarankan agar menambahkan manset di bagian badan. Serta legging atau rok untuk bawahan.

"Pastinya agar lebih tertutup," kata dia.

Kali ini, Stephanie juga menerapkan konsep Zero Waste Fashion. Yakni kain perca sisa jahitan tenun dimanfaatkan kembali untuk aksesoris.

"Sisa kainnya saya jadikan turban, jadi tidak ada yang terbuang," pungkas Stephanie.



Simak Video "Baju Set Keluarga Masih Jadi Idaman untuk Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)