Tanggul di Trenggalek Jebol Imbas Hujan Deras 3 Jam

Adhar Muttaqin - detikJatim
Kamis, 21 Apr 2022 21:28 WIB
Tanggul di Trenggalek ambrol
Tanggul di Trenggalek ambrol/Foto: Adhar Muttaqin/detikJatim
Trenggalek -

Hujan deras selama 3 jam mengguyur Trenggalek. Akibatnya, tanggul sungai di ruas jalan kampung di Desa Sumberdadi ambrol.

Hujan juga membuat sebuah pos kamling roboh. Selain itu, akses jalan warga juga turut terancam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Tri Puspitasari, mengatakan hujan diketahui mengguyur sekitar pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Derasnya hujan ini, lanjut Tri, membuat volume air di sungai meningkat dan mengakibatkan tanggul ambrol dan ruas jalan kampung ikut terdampak.

"Hujan deras yang berlangsung mulai pukul 12.00-15.00 WIB, kondisi tersebut berdampak pada peningkatan arus sungai, sehingga menggerus tanggul yang menjadi penahan jalan dan sungai," kata Tri, Kamis (21/4/2022).

Akibatnya tanggul sungai sepanjang 20 meter ambrol ke sungai dan turut menyeret sebuah bangunan pos kamling. Selain itu ambrolnya tanggul tersebut mengancam keberadaan akses jalan kampung.

"Sehingga sekarang tidak ada jarak antara sungai dan jalan. Ini yang harus segera ditangani, khawatirnya jika terjadi hujan deras lagi bisa mengancam akses warga," terangnya.

Menurut Tri, BPBD Trenggalek telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk, menangani ambrolnya tanggul itu. Sedangkan untuk warga setempat diimbau agar tetap selalu waspada.

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih waspada, karena kelihatannya potensi curah hujan masih tinggi," tandas Tri.



Simak Video "Penampakan Banjir yang Menerjang Sylhet Bangladesh"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)