Dramatisnya Penyelamatan Dua Pemancing yang Terjebak Banjir di Blitar

Dramatisnya Penyelamatan Dua Pemancing yang Terjebak Banjir di Blitar

Fima Purwanti - detikJatim
Jumat, 08 Apr 2022 20:01 WIB
pemancing diselamatkan dari terjangan banjir
Penyelamatan pemancing yang terjebak banjir (Foto: Dok. BPBD Blitar)
Blitar -

Dua warga Blitar selamat setelah terjebak banjir di Sungai Lekso, Wlingi, Blitar. Kedua warga itu terjebak di tengah sungai ketika memancing saat hujan deras mengguyur.

"Iya benar, ada dua orang yang terjebak banjir di tengah sungai. Hujan deras sekali jadi debit air sungai naik," ujar Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ivong Berttyanto saat dihubungi detikJatim, Jumat (8/4/22).

Ivong mengatakan kejadian itu bermula saat ada dua orang warga tengah memancing di pinggiran Sungai Lekso sejak sekitar pukul 14.30 WIB. Di sisi lain, terjadi hujan lebat di wilayah hulu Sungai Lekso. Akibatnya, debit air di Sungai Lekso terus meningkat.

"Keduanya pun terjebak di tengah sungai dengan aliran air yang cukup deras. Kemudian warga memanggil petugas, dan langsung diselamatkan," jelas Ivong.

Ivong menyebutkan kedua pemancing yang berhasil diselamatkan adalah Edi Suparan (55) dan Suntoro (48). Keduanya merupakan warga Dusun Majekan Kelurahan/Kecamatan Wlingi.

Penyelamatan dua pemancing cukup dramatis. Mereka harus menyeberangi sungai lewat tali yang diikatkan atau dikaitkan di atas.

"Semuanya selamat setelah terjebak sekitar 1,5 jam. Sekarang sudah di pulangkan ke rumah masing-masing," imbuhnya.

Melalui kejadian tersebut, BPBD Kabupaten Blitar mengimbau kepada seluruh warga untuk lebih berhati-hati. Terlebih untuk menghindari sungai maupun lautan saat cuaca ekstrem.



Simak Video "Puluhan Pelajar Terjebak Banjir saat Kegiatan Pramuka di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)