Keren, Muda Mudi Banyuwangi Jualan Takjil untuk Kaum Duafa dan Anak Yatim

Ardian Fanani - detikJatim
Rabu, 06 Apr 2022 19:38 WIB
Sekelompok pemuda ini berjualan takjil di Jl Brigjen Katamso, Banyuwangi. Hasilnya 100 persen disumbangkan ke kaum duafa.
Sekelompok pemuda ini berjualan takjil di Jl Brigjen Katamso, Banyuwangi. Hasilnya 100 persen disumbangkan ke kaum duafa. (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Berbagi di bulan Ramadan menjadi kebiasaan baru pemuda-pemudi di Banyuwangi. Sekelompok pemuda ini tidak malu berjualan takjil di area Pasar Takjil Ramadan di Jl Brigjen Katamso, Banyuwangi. Hasil penjualannya 100 persen dibagikan ke kaum duafa dan anak yatim.

Mereka adalah sekumpulan dari duta kampus dan duta daerah Banyuwangi. Setiap sore mereka menjajakan kuliner takjil kepada para pengunjung Pasar Takjil Ramadan. Seperti yang juga mereka lakukan pada Rabu (6/4/2022).

"Jadi 100 persen untuk anak yatim agar kami duta kampus dan kumpulan duta dari Banyuwangi dapat membantu dan bergerak bersama untuk anak yatim yang ada di Banyuwangi," ujar Celi Ivanka Alexandra salah satu duta kampus kepada wartawan.

Makanan takjil yang mereka jual ada Jasuke, minuman, degan jelly dan beberapa makanan lain. Harganya pun juga tak begitu mahal. Rata-rata antara Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per porsi.

Meski baru pertama kali jualan kuliner takjil, mereka mengaku tak canggung. "Ini kami baru pertama berjualan takjil di sini. Harganya ya bersaing. Tapi kami murni untuk beramal," jelasnya.

Dia menyebut, takjil yang mereka jual sebagian ada yang buatan mereka sendiri. Sebagian lagi menurutnya mereka beli dari pelaku UMKM yang ada di Banyuwangi. Sehingga mereka bisa memberdayakan ekonomi dari para pelaku UMKM sekaligus bisa berbagi dengan anak yatim.

"Kenapa kami ambil dari UMKM, salah satunya untuk memberdayakan ekonomi yang ada di UMKM Banyuwangi. karena salah satu program Bupati untuk merajut harmoni dan menjadikan UMKM naik kelas," tegasnya.

Dia mengaku patungan untuk membuka usaha ini. Selanjutnya, mereka juga membuka donasi kepada kelompok yang ingin berbagi kepada kaum duafa dan anak yatim.

Rencananya, lanju Celia, hasil penjualan takjil yang mereka dapatkan akan diserahkan kepada anak yatim pada 23 April yang akan datang.

"Rencannya kami akan berjualan di sini satu atau dua minggu kedepan nanti hasilnya kita serahkan pada anak yatim pada 23 April," pungkasnya.



Simak Video "Berburu Takjil di Pasar Benhil Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)