Ribuan Peserta SNMPTN Lolos di Unesa, ITS, dan Unair

Ribuan Peserta SNMPTN Lolos di Unesa, ITS, dan Unair

Esti Widiyana - detikJatim
Selasa, 29 Mar 2022 23:41 WIB
Rektor Unesa Positif COVID-19, Kampus Lockdown 10 Hari
Unesa (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

SNMPTN telah diumumkan LTMPT hari ini, pukul 15.00 WIB. Di 3 PTN favorit di Surabaya, terdapat ribuan peserta lolos dari puluhan ribu peserta.

Seperti di Unesa, peserta yang mendaftar dan diterima paling banyak di Surabaya. Kuota SNMPTN Unesa sebanyak 2.862, jumlah pendaftar tahun ini mencapai 30.389 peserta, tertinggi keempat nasional. Namun, hanya 2.857 peserta yang diterima.

"Hanya sebanyak itulah peserta yang memenuhi syarat masuk UNESA, bisa jadi salah satu dari mereka portofolionya kurang memenuhi syarat prodi yang dipilih," kata Ketua Satuan Admisi Unesa Dr Sukarmin MPd, Selasa (29/3/2022).

Kemudian di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), meluluskan 1.189 peserta. Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono ST MEngSc mengatakan, ada kuota 1.189 kursi yang tersedia di ITS tersebut diperebutkan oleh 12.120 peminat.

"Angka penerimaan ini merupakan 20 persen dari total kuota mahasiswa baru ITS tahun 2022," ujarnya.

Peminat SNMPTN tahun ini meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah calon mahasiswa yang diterima melingkupi mahasiswa pemilik KIP-K sebanyak 28,34 persen dan calon mahasiswa reguler sebanyak 71,66 persen.

Peserta SNMPTN di ITS didominasi siswa SMA dari Jawa Timur, yaitu sebanyak 839 pendaftar. Departemen Teknik Informatika peminatnya terbanyak di ITS, yaitu sebesar 1.482 peminat. Kemudian Departemen Sistem Informasi sebanyak 825 peminat dan Teknik Sistem dan Industri sebanyak 641 peminat.

Lalu Departemen Teknik Mesin tidak mengganti kebijakan dari tahun sebelumnya, yaitu memprioritaskan pendaftar perempuan pada jalur SNMPTN. Yang berbeda, tahun ini ITS memberikan kuota SNMPTN melalui sistem golden ticket.

"Departemen Desain Produk Industri (Despro) sudah memberikan golden ticket bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang seni dan desain," ujarnya.

Unggul menambahkan, penilaian SNMPTN ITS tahun ini juga didasari oleh jumlah siswa pada satu sekolah yang mendaftar ke ITS. Semakin banyak yang mendaftar dari sekolah tersebut, indeks sekolahnya akan naik dan kuota untuk sekolah tersebut juga akan naik.

Sementara di Universitas Airlangga (Unair) tahun 2022 ini, menerima 1.425 calon mahasiswa pada jalur SNMPTN dari daya tampung 1.256 peserta. Pada jalur SNMPTN Unair total pendaftar mencapai 18.165.

"Sebanyak 79,09 persen atau 1.127 peserta adalah perempuan. Ada dua prodi yang 100 persen perempuan, yaitu prodi Kebidanan dan Gizi," kata Rektor Unair Prof M Nasih.

Kemudian, 24,7 persen atau 352 peserta merupakan calon mahasiswa KIP Kuliah. Tiga prodi dengan peserta KIP-K terbanyak adalah dari prodi Ekonomi Pembangunan (50 mahasiswa), Keperawatan (54 mahasiswa), dan Kesehatan Masyarakat (57 mahasiswa). Masih ada verifikasi faktual lagi perihal kebenaran data. Hal ini agar penerima KIP kuliah dipastikan tepat sasaran.

"Sebanyak 1.425 yang diterima sudah termasuk 50 peserta penerima golden tiket. 1.425 peserta yang diterima berasal dari 580 sekolah, 34 provinsi + luar negeri," ujarnya.

Prodi favorit tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Bidang sains teknologi (saintek) ditempati oleh prodi Kedokteran, Farmasi, dan Teknik Biomedis. Sementara prodi sosial humaniora (soshum) ditempati prodi Psikologi, Komunikasi, Ilmu Komunikasi.



Simak Video "Pelajar di Garut Jadi Sorotan, Lulus SNMPTN ITB Tapi Terhimpit Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)