Respons Luhut Soal Ketua Golkar Jatim Minta PPKM Dicabut

Respons Luhut Soal Ketua Golkar Jatim Minta PPKM Dicabut

Faiq Azmi - detikJatim
Jumat, 11 Mar 2022 23:07 WIB
Luhut B Pandjaitan
Menkomarves Luhut B Pandjaitan (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji meminta pemerintah mencabut PPKM sebelum Ramadhan tiba. Menurut Sarmuji, pemerintah sudah berhasil menangani pandemi COVID-19 dengan baik.

Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan merespons. "Cabut apanya yang mau dicabut (PPKM), sama aja (PPKM tetap diterapkan)," kata Luhut kepada awak media di Hotel JW Marriot Surabaya, Jumat (11/3/2022).

Luhut menegaskan sudah ada ahli yang menghitung tentang penerapan PPKM di Indonesia. Ia menyebut, pakar lebih berwenang dalam menghitung penerapan PPKM.

"Kita kan ada ahli-ahlinya ya. Kita percaya lah sama ahlinya-ahlinya. Jangan yang gak ahli ngomongin yang bukan bidangnya," kata Luhut.

Diketahui sebelumnya, Ketua Golkar Jatim Sarmuji meminta pemerintah mencabut PPKM sebelum bulan Ramadhan. Menurut Sarmuji, pemerintah sudah berhasil menangani pandemi COVID-19 hingga melewati masa puncak.

"Kita berharap setelah ini mudah-mudahan, PPKM-nya mulai turun levelnya. Melalui forum ini saya mengusulkan, baik sebagai Ketua Golkar Jatim, juga sebagai Anggota DPR RI, PPKM kalau bisa dicabut sebelum bulan Ramadhan," kata Sarmuji dalam keterangan yang diterima detikJatim, Kamis (3/3/2022).

Sarmuji menegaskan pemerintah perlu mencabut PPKM. Pasalnya, Anggota Komisi XI DPR RI ini menilai, pemerintah sudah berhasil mengatasi pandemi COVID-19.

"Karena pemerintah kelihatannya sudah bisa mengatasi pandemi cukup baik. Pemerintah tidak perlu malu-malu lagi mengakui keberhasilannya," tegasnya.

Sarmuji juga berharap, dicabutnya PPKM saat bulan Ramadhan bisa membuat umat Islam beribadah tanpa rasa khawatir harus melanggar aturan pembatasan.

"Supaya umat Islam bisa beribadah tanpa was-was was tidak khawatir melanggar PPKM. Agar juga rakyat bisa berziarah dengan tenang di pusara orang tuanya. Dan jika idul fitri tiba, rakyat bisa bermohon maaf bersama orang tua dan keluarganya. Untuk perekonomian, pasar harus bergeliat kembali, jangan lagi batasi pedagang, akhiri PPKM," ujarnya.



Simak Video "PPKM Dicabut, Jokowi Minta Masyarakat Mandiri dalam Pengobatan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)