Saat Alunan Biola Mengalun di Makam WR Soepratman di Hari Musik Nasional

Saat Alunan Biola Mengalun di Makam WR Soepratman di Hari Musik Nasional

Esti Widiyana - detikJatim
Rabu, 09 Mar 2022 16:04 WIB
makam wr soepratman
Arul memainkan biola di makan WR Soepratman (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Komunitas seni di Surabaya berziarah ke makam WR Soepratman di hari musik nasional. Komunitas ini sekaligus memperingati hari kelahiran pencipta lagu Indonesia Raya ini.

Pada 9 Maret, WR Soepratman lahir. Dan hari kelahiran komponis ini dijadikan Hari Musik nasional.

Saat berziarah, Arul Lamandau dari Komunitas Seni Petarung Kehidupan memainkan biola. Ia menggesek biola membawakan musik mengheningkan cipta. Arul mengatakan ia dan rekan-rekannya juga telah menabur bunga di makam Pahlawan Nasional ini.

makam wr soepratmanPatung WR Soepratman di kompek pemakamannya (Foto: Esti Widiyana)

"Tadi pagi ada tabur bunga bersama ahli waris juga. Sekaligus memperingati hari musik. Keyboard pemain dari tuna netra sama biola saya," kata Arul yang pernah memainkan biola selama 45 jam di Jalan Tunjungan kepada detikJatim, Rabu (8/3/2022).

Arul sendiri memang rutin berziarah ke makam mantan pewarta pada tahun 1924 ini. Ia mengatakan, jika nanti malam pukul 19.00 WIB akan ada tabur bunga lagi. Arul juga akan memainkan biolanya lagi. Kemudian ada lilin yang dinyalakan.

"Nanti malam ada tabur bunga, mendoakan, mungkin diiringi biola saja. Membawakan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta, Indonesia Raya 3 Stanza. Ada lilin, lilin itu untuk ulang tahun WR Soepratman," jelasnya.

makam wr soepratmanMakam WR Soepratman (Foto: Esti Widiyana)

Sama halnya dengan Udin Sakera, salah satu aktivis yang juga berziarah rutin ke WR Soepratman. Ia menabur bunga dan mendoakan pahlawan nasional yang wafat pada 17 Agustus 1938 ini.

"Ini dari tahun ke tahun setiap 9 Maret, setiap Hari Musik Nasional dan bertepatan hari kelahiran WR Soepratman. WR Soepratman juga sosok wartawan, dan penulis buku. Tadi ada juga dari UPT Taman Budaya Jatim, Pak Widodo," kata Udin.



Simak Video "Melihat Lebih Dekat Aksi Pengamen Viral Bawakan Lagu Canon Rock"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)