Sowan ke PWNU Jatim, Puan Ingin Selalu Dekat dengan Kiai

Faiq Azmi - detikJatim
Selasa, 01 Mar 2022 22:19 WIB
puan maharani di pwnu jatim
Puan Maharani bersilaturahmi dengan para kiai dan pengurus PWNU Jatim.(Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Kantor PWNU Jatim. Kedatangan Puan bertujuan untuk silaturahmi dengan para kiai dan pengurus PWNU Jatim.

Menurut Puan, jalinan silaturrahmi ini sangat penting dilakukan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia. Sebab tidak akan mungkin bisa membangun Indonesia jika tidak ada sinergi dan gotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat, termasuk dengan NU.

"Tadi saya dapat wejangan dari Gus Ali. Beliau berpesan kepada saya bahwa inti dari silaturahim adalah gotong royong. Itu sejalan dengan inti Pancasila yaitu gotong royong. Untuk itu, saya ingin terus menjalin membangun kedekatan NU dengan PDI Perjuangan, untuk membangun bangsa dan negara Indonesia," ujar Puan di teras Kantor PWNU Jatim, Selasa (1/3/2022).

Puan mengaku ingin meneruskan proses silaturahmi yang pernah dilakukan oleh kakeknya yang juga Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Soekarno dengan para kiai di zamannya dulu. Di eranya kini, Puan akan terus melanjutkan silaturahmi dengan tokoh-tokoh NU.

puan maharani di pwnu jatimPuan Maharani sowan ke kiai sepuh di PWNU Jatim (Foto: Faiq Azmi)

"Membangun bangsa Indonesia ini tidak bisa jika tidak dilakukan dengan bergotong royong. Untuk itu, saya datang ke PWNU Jatim ini ingin bersilaturahim dengan para kiai, alim ulama dan para masyayih yang ada di Jatim," ujar Puan.

Puan mengatakan, sejak dulu Bung Karno telah menjalin hubungan kedekatan dengan Rois Akbar PBNU KH Hasyim Asy'ari. Kemudian jalinan kedekatan itu dilanjutkan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pernah menjabat Ketua Umum PBNU dan Presiden RI keempat.

"Saya sebagai cucu Bung Karno ingin terus melanjutkan kedekatan hubungan itu. Apalagi Jawa Timur terasa sangat spesial, karena Bung Karno lahir dan besar di Jawa Timur, serta dimakamkan di Jawa Timur pula. Sehingga ada semacam kedekatan psikologi bagi saya," ungkapnya.

Putri dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ini mengatakan, dirinya memang akan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa daerah di Jatim. Ketua DPP PDI Perjuangan ini pun lebih dulu memilih sowan ke para kiai di Jatim, sebelum melakukan kunker.

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dalam kesempatan itu menyatakan, Indonesia bisa merdeka berkat kerjasama dengan para ulama dan kaum nasionalis. "Maka oleh karena itu, kami ingin menjaga bangsa Indonesia bersama-sama ulama dan kaum nasionalis," katanya.

Hadir sejumlah kiai sepuh NU di antaranya Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Agoes Ali Masyuri atau Gus Ali, dan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar.



Simak Video "Di Depan Bumil, Puan Ungkap Alasan Dorong Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)