Round-up

Menanti Sanksi Inspektorat untuk Pegawai Puskesmas Sampang yang Bolos Kerja

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 26 Feb 2022 11:26 WIB
Wabup Sampang sidak pegawai Puskesmas bolos kerja
Wabup Sampang H Abdullah Hidayat saat sidak/Foto: Kamaluddin
Sampang -

Aksi bolos kerja yang dilakukan puluhan pegawai Puskesmas Camplong, Sampang membuat Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat geleng-geleng kepala. Saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di puskesmas tersebut pada Kamis (24/2/2022), Abdullah menemui sejumlah ruangan yang masih kosong.

Sidak ini berawal dari laporan masyarakat yang kecewa dengan pelayanan Puskesmas Camplong. Abdullah pun dibikin kecewa dengan para pegawai yang tidak disiplin dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Abdullah tak menyangka kinerja para pegawai terkesan asal-asalan. Saat sidak, dia menghitung sendiri jika hanya ada 11 pegawai yang berada di kantor. Padahal sedikitnya total ada 38 pegawai yang harusnya memberikan layanan kesehatan di Puskesmas ini.

Para pegawai Puskesmas pun dengan santainya datang terlambat. Bahkan beberapa diantaranya telat masuk kantor hingga 45 menit.

"Saya masuk di beberapa ruang layanan, ternyata masih banyak yang kosong," ungkap Abdullah usai sidak, Kamis (24/2/2022).

Abdullah mengaku kecewa, dia mengatakan Puskesmas yang seharusnya menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, namun kinerja pegawainya tidak maksimal.

"Sidak ini setelah ada laporan masyarakat dan nyatanya benar adanya, rata-rata kosong ruangannya," keluhnya

Saat sidak, Abdullah mengaku sengaja membawa Plt Inspektur Inspektorat Sampang. Sehingga, hasil temuan ini bisa ditindaklanjuti. Tindakan ini pun diharapkan bisa memberikan efek jera sehingga para pegawai bisa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal.

"Sidak ini juga diikuti oleh Inspektorat, nantinya akan ditindaklanjuti dari temuan ini. Kami ingin layanan kesehatan ini optimal dan dirasakan langsung oleh masyarakat setempat," tambah Abdullah.

Sementara esoknya, dua pegawai Puskesmas Camplong langsung diperiksa Inspektorat Sampang.

Plt Kepala Inspektorat Sampang, Moh Fadli mengatakan dua pegawai yang diperiksa yakni Plt. Kepala Puskesmas dan seorang staf di Puskesmas Camplong. Fadli mengakui pemeriksaan ini merupakan langkah tindak lanjut dari sidak di Puskesmas tersebut,

"Ya hari ini dua orang yang kita periksa, yakni Plt Kepala Puskesmas dan satu orang staf yang kemarin tidak masuk tanpa keterangan," terang Fadli saat dikonfirmasi, Jumat (25/2/2022).

Pemeriksaan ini juga dihadiri bagian kepegawaian Dinas Kesehatan, dan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Sampang.

Kendati demikian, Fadli mengatakan pihaknya belum menetapkan sanksi pada pegawai Puskesmas yang bolos tersebut.

"Belum ada sanksi, ini baru kita periksa. Tadi kita undang dua orang dari Dinas Kesehatan dan dua orang dari Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia," jelas Fadli .

Menurut Fadli, saat sidak kemarin (24/2/2022), sedikitnya ada 17 dari 38 pegawai yang sudah di kantor. Sisanya, terlambat masuk kantor dengan alasan ada kepentingan di luar.
Bahkan, mereka baru datang setelah Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menunggu hingga pukul 09.00 WIB.

"Kemarin beberapa staf yang terlambat masuk kantor, langsung dipanggil dan disidang di tempat. Pak Wabup langsung yang memberikan pengarahan dan pembinaan," lanjut Fadli.

Hasil sidak serta laporan warga tampaknya belum cukup bagi Inspektorat Kabupaten Sampang untuk menjatuhkan sanksi bagi pegawai yang indisiplin dalam tugasnya. Inspektorat masih perlu melakukan pendalaman dengan memeriksa para pihak terkait untuk menentukan tingkatan sanksi yang akan diberikan.



Simak Video "Belasan Hewan Ternak Positif Penyakit Mulut dan Kuku di Tasikmalaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)