Puluhan Siswa SD Pangeranan Bangkalan Keracunan Massal Usai Santap Nasgor

Kamaludin - detikJatim
Kamis, 24 Feb 2022 21:49 WIB
Korban keracunan di Bangkalan dirawat
Korban keracunan di Bangkalan dirawat di puskesmas (Foto: Kamaludin/detikjatim)
Bangkalan -

Sebanyak 25 warga Kampung Lebak, Kecamatan Pangeranan, Kecamatan Bangkalan mengalami keracunan. Mereka keracunan usai menyantap nasi goreng.

Agus Deny, Lurah Pangeranan membenarkan kejadian yang menimpa warganya. Ia menyebut sebagian besar korban adalah siswa SD Pangeranan 5.

"Iya, tadi saya dilaporin RW bahwa ada 25 orang lebak keracunan," kata Agus, Kamis (24/2/2022).

Menurut Agus, saat keracunan para korban merasakan gejala pusing mual dan muntah muntah usai menyantap nasi goreng. Mengetahui hal itu, warga sempat panik.

Tak lama, lanjut Agus, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ana Medika dan Puskesmas Bangkalan setempat. Sedangkan sisanya dirawat di rumah masing-masing.

"Korban sebagian dirawat di rumah sakit Ana Medika, sebagian di Puskesmas Bangkalan dan sebagian lainnya dirawat di rumah," terang Agus.

Agus menambahkan untuk memastikan penyebab gejala keracunan massal ini, kelurahan kemudian membawa sampel nasi goreng ke laboratorium.

Mardiyah, salah satu orang tua korban menyebut nasi goreng yang disantap tersebut dibeli di depan sekolah. Bukan hanya siswa yang membeli nasi goreng di tempat itu, tetapi warga sekitar juga.

Tetapi sebagian besar pembelinya memang adalah para siswa. Kejadian ini merupakan yang pertama.

Sebab, selama ini baik anaknya maupun teman-temanya biasa membeli nasi di sana. Namun entah kenapa kali ini setelah 1 jam setelah dimakan banyak yang keracunan.

"Beli nasinya Rp 3 ribu, setelah satu jam nasinya dimakan muntah-muntah tak berhenti berhenti sampai sekarang," terang Mardiyah.



Simak Video "155 Orang di Tasikmalaya Keracunan Makanan Hajatan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)