Mahar Minyak Goreng-Tanggal Cantik di Balik Pernikahan Sejoli Ponorogo

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 23 Feb 2022 09:59 WIB
Pengantin di Ponorogo beri mahar minyak goreng
Pernikahan di Ponorogo (Foto: Dok. KUA Sooko Meki/detikJatim
Surabaya -

Langkanya minyak goreng menjadi bahan pokok yang paling diburu masyarakat. Ternyata hal ini menjadi inspirasi pengantin di Ponorogo untuk memakai mahar minyak goreng 1 liter dan uang sebesar Rp 1 juta.

Pasangan pengantin unik ini adalah Supadi (60) dan Sumariati (54) warga Desa Suru, Kecamatan Sooko, Ponorogo. Meski sederhana namun mahar minyak goreng punya ini punya nilai filosofi yang dalam bagi pengantin. Hal itu disampaikan Kepala KUA Kecamatan Sooko, Meki Hasan Tachtarudin.

Meki menyebut dari pengakuan pengantin minyak goreng merupakan simbol barang yang bermanfaat bagi masyarakat. Tak hanya itu, bahan pokok ini juga dinilai dibutuhkan dalam rumah tangga.

"Filosofi dari pengantin katanya karena sekarang minyak goreng mahal dan langka, makanya jadi mahar biar sederhana tapi bermanfaat untuk keluarga," ujar Meki, Selasa (22/2/2022).

"Minyak goreng saat ini sangat diburu walaupun sederhana. Langka dan sangat dibutuhkan orang. Mahar minyak goreng karena ini dibutuhkan dalam rumah tangga. Filosofinya walaupun sederhana tapi bermanfaat," tambahnya.

Menurut Meki selain bermahar unik, pengantin ini juga memilih tanggal cantik yakni pada Selasa, tanggal 22-2-2022. Adapun alasannya cukup simpel, agar tanggal pernikahan mereka mudah diingat.

"Tanggal cantik ini supaya bisa membawa keberkahan dalam rumah tangga keduanya," tutur Meki.

Meski begitu, lanjut Meki, mempelai pria sempat grogi saat acara pernikahan. Ini terbukti saat ijab qobul yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB mempelai pria sempat mengulang hingga 3 kali.

Meki menjelaskan pasangan pengantin ini memang tak muda. Keduanya diketahui berstatus duda dan janda. Namun begitu, semangat keduanya memang patut ditiru dan diacungi jempol.

"Ini kebetulan pasangan duda dan janda karena cerai mati," tandas Meki.

Bagaimana detikers, romantis bukan pernikahan di Ponorogo ini. Mari kita doakan semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah. Aamiin.



Simak Video "Zulhas Pastikan Minyak Goreng Curah Tetap Ada di Pasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)