Kasus COVID-19 di Blitar Meningkat. Zona Merah Kecamatan Meluas

Erliana Riady - detikJatim
Rabu, 09 Feb 2022 11:17 WIB
covid-19 blitar
Foto: Erliana Riady
Blitar -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar merilis data pasien COVID-19 Selasa (8/2/2022). Dari data itu, terdapat 34 pasien baru COVID-19 di 19 kecamatan. Penambahan kasus itu menyebabkan zona merah di Kabupaten Blitar meluas.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Blitar, Endah Woro Utami mengakui adanya tren lonjakan kasus baru COVID-19 di Blitar. Namun, itu dibarengi dengan tingginya angka kesembuhan.

"Iya ada tren kenaikan kasus baru 34. Tapi, angka kesembuhan sehari juga tinggi, ada 17 pasien dinyatakan sembuh," jawab dia saat dikonfirmasi detikJatim Rabu (9/2/2022).

Menurut Endah, dari 34 kasus baru, ada 2 orang yang berdomisili di luar Kabupaten Blitar. Namun, mereka terdaftar sebagai warga Kabupaten Blitar. Maka datanya tetap masuk menjadi kasus baru di wilayah ini.

Dia juga mengatakan bahwa kasus baru pasien COVID-19 dilaporkan bergejala ringan.

"Jadi bisa melakukan isolasi mandiri. Namun tetap dalam pemantauan ketat petugas kesehatan wilayah masing-masing," tandas Endah.

Dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar, kini ada 17 kecamatan yang menjadi zona merah di Kabupaten Blitar. Serta tersisa 5 kecamatan yang zona hijau. Yakni Kecamatan Wates, Panggungrejo, Wonotirto, Bakung, dan Wonodadi

Namun dalam Inmendagri nomor 9 tahun 2022 tertanggal 7 Februari, Kabupaten Blitar dinyatakan masih berada di PPKM Level 1. Sehingga semua aktifitas warga bisa berlangsung secara normal atau 100 persen. Seperti aktivitas perkantoran, sekolah, wisata, dan lain-lain.



Simak Video "Warning! Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat 15 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)