Tragedi Perahu Tenggelam di Waduk Gondang yang Telan 3 Korban Meninggal

Tim detikJatim - detikJatim
Selasa, 08 Feb 2022 09:11 WIB
Waduk Gondang Lamongan
Proses pencarian korban (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Insiden perahu tenggelam di Waduk Gondang Lamongan menelan tiga korban. Satu korban telah ditemukan meninggal dunia, lalu dua korban lainnya berhasil ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Dalam insiden perahu tenggelam ini, tercatat ada tiga korban meninggal dunia. Yakni Edy Kurniawan (35), Ivan (9) dan Wahyu (20). Semuanya telah ditemukan dan dievakuasi.

Wahyu ditemukan pukul 16.30 WIB, setelah dilakukan upaya ekstra oleh Tim SAR dengan cara manufer zig-zag menggunakan speed boat untuk memancing gerakan jasad korban di bawah Air. Wahyu ditemukan pada radius 30 meter utara korban Ivan.

"Alhamdulillah hari ini berkat kerja sama dan semangat dari rekan-rekan Basarnas, BPBD, rekan dari Polres, dari Kodim 0812, dan juga bantuan dari Ditpolairud Polda Jatim, kemudian juga kerja sama dengan seluruh masyarakat yang ada di Desa Sekidang ini, dua korban yang sebelumnya belum ditemukan, akhirnya sudah ditemukan," kata Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana kepada wartawan, Senin (7/2/2022).

Sebelumnya, dua perahu yang ditumpangi rombongan pemancing tenggelam di Waduk Gondang Lamongan, Minggu (6/2/2022). Kejadian ini membuat tiga orang tewas dan empat lainnya selamat.

Kejadian ini bermula ketika rombongan tujuh pemancing menggunakan dua perahu. Tanpa diduga, ombak besar datang dan menerjang dua perahu getek tak bermesin yang ditumpangi para pemancing.

Satu perahu ada yang bermuatan empat orang dan 1 perahu bermuatan tiga orang.

"Kejadian sekitar pukul 12 siang ketika para pemancing ini bermaksud untuk pulang," kata Miko.

Miko mengungkapkan saat hendak pulang itu lah angin kencang yang menimbulkan ombak menerjang dua perahu sehingga perahu terbalik dan tenggelam. Dari perahu bermuatan empat orang, salah satu penumpangnya bisa diselamatkan.

Lalu, ada tiga orang tenggelam dan sekitar pukul 14.30 WIB, 1 korban ditemukan tewas atas nama Edy Kurniawan, Kaur Keungan Desa Wudi Kecamatan Sambeng. Korban langsung dimakamkan di pemakaman Desa Sekidang.

Kasi Pemerintahan Sekidang, Kandam, mengatakan perahu yang ditumpangi para korban idealnya hanya muat untuk 2 orang. Namun saat kejadian ditumpangi empat orang.

Kandam menyebut perahu yang dipakai para korban itu juga perahu milik salah satu korban sendiri, yaitu Edy. Korban meninggal yang bernama Edy, menurut Kandam, mempunyai kebiasaan mencari ikan.

"Perahu korban saat berangkat ditumpangi 4 orang yakni korban Edy, anaknya Ivan (9), Zamzami, dan adiknya. Saat tenggelam, korban Edy berusaha menolong anaknya Ivan. Ivan berhasil dipanggul Edy, namun akhirnya keduanya tenggelam tak tertolong," ungkap Kandam.

Saat kejadian, ada warga Sekidang bernama Abu yang berusaha menyelamatkan korban dengan perahu miliknya ke tengah waduk. Namun sebelum tiba di radius 500 meter dari bibir Waduk Gondang, para korban sudah tenggelam, sementara Zamzami berhasil diselamatkan Zainudin, warga Sekidang.



Simak Video "Perahu Pemancing Diterjang Ombak di Lamongan, 1 Orang Tewas-2 Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)