Puting Beliung di Blitar, Puluhan Pohon Tumbang Timpa Rumah-Kendaraan Warga

Erliana Riady - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 18:52 WIB
Puting Beliung Bikin Puluhan Pohon Tumbang, Timpa Rumah dan Kendaraan Warga
Pohon tumbang timpa pikap/Foto: Istimewa (Dok BPBD Kab Blitar )
Blitar -

Hujan deras disertai puting beliung menerjang Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar. BPBD Kabupaten Blitar mendata, sebanyak 28 rumah rusak dan sebuah kendaraan tertimpa pohon tumbang.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar Wahyudi mengatakan, puting beliung muncul sekitar pukul 13.42 WIB. Terjangan puting beliung dilaporkan terjadi di Desa Kebonagung dan Kolomayan ini menyebabkan puluhan pohon tumbang. Serta menerbangkan genting serta atap asbes rumah warga.

Sebuah kendaraan pikap yang diparkir di bawah pohon, juga dilaporkan rusak. Bagian depan kendaraan ringsek tertimpa bagian pohon yang tumbang. Tak ada korban terluka, namun puluhan rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

"Laporan sementara yang kami terima, ada 28 rumah rusak. Kebanyakan rusak bagian atap karena diterbangkan angin. Ada juga yang tertimpa pohon tumbang," kata Wahyudi saat dikonfirmasi detikjatim, Jumat (28/1/2022).

Dari 28 rumah rusak itu, lanjut dia, 5 rumah rusak dilaporkan milik warga Desa Kolomayan. Dan 23 rumah, lokasinya di Desa Kebonagung.Kerusakan bervariasi, dari ringan sampai sedang.

"Saat ini kami masih terus melakukan pendataan. Sementara tim gabungan TNI-Polri, BPBD dan warga melakukan pembersihan. Terutama rumah yang tertimpa pohon dan batang pohon tumbang yang menutup badan jalan," imbuhnya.

BPBD mengimbau warga tetap waspada akan bencana hidrometeorologi. Apalagi wilayah Blitar barat yang berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Selama ini selalu terjadi angin kencang dan puting beliung setiap tahunnya.

Sementara untuk wilayah Blitar utara, potensi tanah longsor masih akan terjadi jika hujan intensitas tinggi masih turun mengguyur wilayah perbukitan dan dataran tinggi.



Simak Video "Angin Puting Beliung di Tasikmalaya, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)