Kandang Ayam di Blitar Ludes Terbakar, Pemilik Rugi Rp 400 Juta

Erliana Riady - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 12:26 WIB
Kandang Ayam Terbakar, Pemilik Merugi 400 Juta
Kandang ayam terbakar (Foto: Istimewa/Polsek Udanawu)
Blitar -

Kebakaran hebat melalap kandang ayam berlantai dua. Akibat kebakaran ini, pemilik mengaku mengalami kerugian hingga Rp 400 juta.

Api terlihat mulai melahap bangunan dua lantai berdinding anyaman bambu itu sekitar pukul 06.00 WIB. Kandang ayam milik Ardi Suseno (48) ini terletak di Dusun Besukdowo RT 003 RW 001 Desa Ringinanom Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Korban mengetahui ada kepulan asap di tengah-tengah area kandang ayam miliknya yang berukuran 10 x 60 meter. Bagian lantai dua, berisi 12 ribu ekor anak ayam. Area tersebut digunakan untuk pembesaran ternak ayam yang juga dilengkapi dengan alat pemanas bibit ayam atau DOC, dengan bahan bakar elpiji 3 kg.

Sedangkan bagian bawah, terdapat terpal dan sekam yang sangat mudah terbakar. Dugaan awal, area tersebut terbakar karena jatuhnya pemanas kandang, yang bagian bawahnya terdapat bahan mudah terbakar. Sementara kondisi listrik pada saat terjadi kebakaran, masih dalam keadaan menyala.

"Kami terima laporan dan koordinasi dengan petugas pemadam kebakaran. Hampir semua dinding dari anyaman bambu menjadi abu. Sedangkan bagian atap semua rusak," tutur Kapolsek Udanawu AKP Anjun dikonfirmasi detikJatim, Jumat (28/1/2022).

Api berhasil dipadamkan sekitar 3 jam kemudian. Hingga kini, upaya pembasahan dan pendinginan masih dilakukan petugas pemadam kebakaran. Polisi juga menemukan barang bukti delapan tabung elpiji 3 kg. Masing-masing empat tabung di lantai bawah dan empat tabung di lantai atas.

Api telah menghanguskan semua isi kandang ayam. Tak hanya pakan, namun dari 12 ribu DOC yang ada, hanya tersisa 1.000 ekor.

"Ayamnya 11 ribu ekor terbakar, dinding anyaman bambu sebagian besar terbakar. Atap rusak semua. Kerugian pemilik ditafsir Rp 400 juta," pungkasnya.



Simak Video "8 Rumah Bekas Asrama Tentara di Cimahi Hangus Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)