Kata DLHK Sidoarjo Soal Tumpukan Sampah di Bantaran Sungai Sidokepung

Suparno - detikJatim
Kamis, 27 Jan 2022 17:17 WIB
Tumpukan sampah di sungai Sidoarjo
Tumpukan sampah di sungai Sidokepung, Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Aneka rupa sampah menumpuk di bantaran sungai Desa Sidokepung, Buduran Sidoarjo. Tumpukan sampah itu tak pernah terurus sejak beberapa hari ini.

Akibatnya, suasana di lokasi membuat tak enak dipandang. Tak hanya itu tumpukan sampah itu juga mengeluarkan bau yang menyengat.

Samsul (29), warga setempat mengungkapkan tumpukan sampah hampir setiap hari selalu bertambah. Meski demikian sampah itu tak pernah ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

"Tumpukan sampah ini hampir terlihat setiap hari ada, pemandangan itu mulai pagi hari," kata Samsul, Kamis (27/1/2022).

Senada, Khoirul, warga lainnya mengungkapkan bahwa sampah itu bukan dibuang oleh warga setempat. Ia menduga sampah-sampah itu di buang oleh warga luar.

"Hampir setiap hari ada tumpukan sampah. Tapi yang membuang orang mana kami tidak mengetahui," beber Khoirul.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Bahrul Amiq menduga adanya sampah itu karena tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) di Sidokepung tutup. Ini yang membuat warga akhirnya sembarangan saat membuang sampah.

"Diduga TPST di Sidokepung ditutup maka masyarakat membuang sampah sembarangan. Kami yakin mereka yang membuang sampah tersebut belum mempunyai kesadaran membuang sampah yang tepat," kata Amiq.

Amiq menambahkan permasalahan sampah sebenarnya bukan hanya dari pihaknya saja. Namun hal itu merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu selama ini pihaknya telah memberikan sosialisasi terkait sampah bahkan hingga tingkat RT.

"Sebenarnya pihak DLHK sudah sering kali memberikan sosialisasi terkait membuat sampah yang sebenar. Mulai dari tingkat RT hingga tingkat Kecamatan," tandas Amiq.



Simak Video "Kotor! Kali di Bandung ini Penuh Sampah Styrofoam"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)