Operasi Pasar Belum Mampu Kendalikan Harga Minyak Goreng di Tulungagung

Adhar Muttaqin - detikJatim
Rabu, 26 Jan 2022 16:56 WIB
Operasi Pasar Belum Mampu Kendalikan Harga Minyak Goreng di Tulungagung
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Gelontoran operasi pasar minyak goreng di Tulungagung belum mampu mengendalikan harga jual di pasaran. Di tingkat eceran, minyak goreng rata-rata masih dijual dengan harga Rp 20 ribu/liter.

Salah seorang pedagang di Pasar Bandung, Tulungagung Nuryatin, mengaku masih menjual minyak goreng dengan harga Rp 20 ribu/liter, hal itu dilakukan karena harga kulakan di tingkat distributor harga juga cukup tinggi.

"Saya jual Rp 20 ribu, karena saya dapat harganya sudah Rp 19 ribu. Jadi untungnya cuma Rp 1.000/liter," kata Nuryatin, Rabu (26/1/2022).

Menurutnya kabar penurunan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu belum masuk ke pasar tradisional. Harga tersebut saat ini hanya berlaku di toko modern. "Kalau harga Rp 14 ribu itu di Indomaret Alfamart, kalau di pasar belum," imbuhnya.

Sementara itu Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bandung, mengakui masih tingginya harga minyak goreng di pasar tradisional. "Masih tinggi harganya, karena memang kulakan lama," kata Maryoto.

Menurutnya, pemerintah telah berupaya untuk mengendalikan harga komoditas minyak goreng tersebut, bahkan beberapa hari yang lalu pihaknya telah menyalurkan 2.504 liter minyak goreng bersubsidi melalui operasi pasar.

Namun upaya tersebut belum mampu mempengaruhi harga minyak goreng di tingkat eceran. Sehingga lonjakan harga masih bertahan hingga saat ini.

Terkait kondisi tersebut pemerintah akan berusaha melakukan intervensi dengan sistem subsidi langsung ke pedagang pasar. Pihaknya mengklaim telah mengirimkan data pedagang ke pemerintah pusat guna mendapatkan subsidi minyak goreng.

"Seminggu ini Insyaallah subsidi turun sesuai yang kami kirim, maka akan terjadi perubahan harga. Nanti pemberiannya by name by address," jelasnya.



Simak Video "Operasi Pasar Minyak Goreng di Lebak Dibatasi, Jari Pembeli Wajib Dicelup Tinta"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)