PBNU Panggil Ketua PCNU Bondowoso soal Pernyataan NU Peralat PKB

Chuck Shatu Widarsa - detikJatim
Selasa, 25 Jan 2022 13:44 WIB
PCNU Bondowoso
PCNU Bondowoso (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf memanggil ketua Pengurus Cabang NU (PCNU) Bondowoso, Jawa Timur. Ketua PCNU Abdul Qadir Syam dipanggil usai menyebut "Bukan PKB yang Peralat NU, Tapi NU yang Peralat PKB".

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bondowoso mengaku belum menerima surat pemanggilan Ketua PCNU oleh PBNU. Pemanggilan itu terkait klarifikasi terkait pernyataan kontroversial ikhwal NU peralat PKB.

"Memang dengar tentang surat itu. Tapi kok kami belum menerima suratnya ya," kata Sekretaris PCNU Bondowoso, Misyono, ketika dikonfirmasi detikJatim, Selasa (25/1/2022).

Dia mengaku bisa jadi surat itu langsung diterima Ketua PCNU. Pihaknya juga mengaku belum mengetahui langkah selanjutnya yang dilakukan Ketua PCNU Bondowoso jika surat tersebut sudah diterima.

"Mungkin langsung diterima ketua (Suratnya), lalu langsung berangkat ke PBNU untuk melakukan tabayyun," kata Misyono singkat.

Baca juga: Dukungan Cak Imin Capres yang Bikin Ketua PCNU Banyuwangi Dicolek PBNU

Informasi yang dihimpun, PBNU memanggil Ketua PCNU Bondowoso usai menyebut "Bukan PKB yang Peralat NU, Tapi NU yang Peralat PKB".

Surat pemanggilan untuk klarifikasi dikirimkan melalui surat resmi bernomor: 36/C.I.16/01/2022 tertanggal 24 Januari 2022 dan ditandatangani Ketua PBNU Amin Said Husni serta Wakil Sekjen Nur Hidayat.

Amin menilai pernyataan kontroversial Ketua PCNU Bondowoso perlu diklarifikasi. Apalagi, video pernyataan Abdul itu disiarkan pula oleh Media Center PKB Bondowoso.

Video itu juga telah viral di berbagai platform media sosial. PBNU, katanya, memandang perlu untuk mendapatkan tabayyun guna mengetahui latar belakang dan konteks dari pernyataan Abdul tersebut.

Selain diperintahkan untuk menemui Yahya, Abdul juga diminta untuk membuat laporan tertulis perihal konteks pernyataannya tersebut.

Sebelumnya, PBNU juga memanggil Ketua PCNU Banyuwangi dan Sidoarjo untuk melakukan tabayyun ke kantor PBNU.



Simak Video "PBNU Bakal Bahas Operasi Kelamin-Sengketa Tanah di Muktamar ke-34"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)