Round-Up

Penampikan Haikal Hassan yang Disebut Diusir Saat Ceramah di Malang

Tim Detikcom - detikJatim
Senin, 24 Jan 2022 11:10 WIB
haikal hassan ceramah di malang-batu ditolak warga
Foto: Tangkapan Layar (Video amatir warga)
Surabaya -

Video penolakan dan pengusiran Haikal Hassan eks Jubir PA 212, viral di media sosial dan aplikasi perpesanan. Haikal Hassan pun menampik hal ini. Dia mengatakan ceramah yang dilakukannya tetap berjalan lancar.

Saat dikonfirmasi, Haikal membenarkan memang ada kegiatan mengisi ceramah di sejumlah tempat di Malang dan Batu.

"Iya, ada kegiatan mengisi ceramah di sejumlah tempat di Malang dan Batu," jelas Haikal Hassan saat dihubungi detikJatim, Minggu (23/1/2022).

Dia membantah kegiatan ceramahnya di Malang dan Batu mendapat penolakan dan pengusiran dari warga setempat. Ia menyebut rangkaian ceramahnya sejak tanggal 21 hinggga 23 Januari berlangsung aman dan damai.

Meski begitu, ia mengakui memang ada segelintir orang yang sempat menolaknya. Menurutnya, hal itu kemudian dijadikan fitnah seolah-olah rangkaian ceramahnya di Malang dan Batu seluruhnya mendapat penolakan.

"Penolakan tidak ada. Hanya fitnah sosmed paling-paling ada tiga, empat orang saja di waktu kajian ibu-ibu saja," kata Haikal.

Haikal menambahkan karena rangkaian kegiatan ceramahnya telah selesai, dirinya langsung bertolak dari Jatim.'

"Ini sudah mau boarding," ujar Haikal.

Untuk materi ceramahnya, lanjut Haikal, dirinya menyebut memberikan kajian yang sama semua. Yakni terkait UUD 1945 dan NKRI yang harus dijaga dan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan sebuah bangsa.

"Materi kajian semua sama. Soal Pancasila harus dijaga selamanya, Kembali ke UUD45 yg murni dan konsekuen serta NKRI harga mati, pentingnya menjaga persatuan sesama semua anak bangsa, semua agama, suku, ras, kelompok dengan menjaga akhlaq dan bermartabat," ujarnya.

Haikal membantah bahwa ceramahnya selama di Malang dan Batu mendapat penolakan dan pengusiran. Jikapun ada, Haikal menyebut itu dilakukan segelintir orang dan kemudian dijadikan fitnah di media sosial.

"Aman, sejuk, tentram, ramai. Semua titik meriah, semua sesuai rencana Berlangsung di 6 titik ceramah, sejak tanggal 21 sampai dengan 23 di Malang dan Batu," tutur Haikal.

Sebelumnya, ada tiga video yang viral yang beredar. Video berdurasi 1 menit 19 detik, 1 menit dan 1 menit 26 detik. Dalam video, tampak massa menolak kehadiran Haikal yang akan mengisi ceramah. Video ini juga viral di twitter dan sudah dilihat ratusan ribu orang.

Dalam video viral, ada massa yang mendatanginya dan mengusir Haikal sambil meneriakkan "NKRI Harga Mati dan Pancasila."

Mendapat pengusiran itu, Haikal tampak hanya tersenyum dan langsung naik mobil yang sudah menunggunya. Sejumlah aparat kepolisian-TNI juga tampak mengawal kepergian Haikal.



Simak Video "Heboh Haikal Hassan Diusir Saat Ceramah di Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)