Cuaca Buruk, Warga Tertahan di Pelabuhan Kalianget Sumenep hingga Sakit

Ahmad Rahman - detikJatim
Sabtu, 22 Jan 2022 17:38 WIB
KM Sabuk Nusantara 92 menunda pelayaran karena cuaca buruk seperti angin kencang dan gelombang tinggi. Banyak warga yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep
Calon penumpang di Pelabuhan Kalianget, Sumenep/Foto: Ahmad Rahman/detikcom
Sumenep -

KM Sabuk Nusantara 92 menunda pelayaran karena cuaca buruk seperti angin kencang dan gelombang tinggi. Banyak warga yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep

Calon penumpang tujuan Pulau Masalembu, Agus, mengaku sudah empat hari tertahan di pelabuhan karena tidak ada kapal yang berangkat. Sejumlah penumpang awalnya menginap di penginapan. Namun karena bekal mulai menipis, mereka pindah ke terminal penumpang.

"Kami keluar dari penginapan karena kami sudah tidak punya uang," kata Agus, Sabtu (22/01/2022).

Ia menambahkan, berdasarkan informasi yang beredar, kapal baru akan berangkat tanggal 25 Januari nanti. Warga masih harus bertahan di Pelabuhan Kalianget, sedangkan bekal sudah menipis.

Menurut Agus, tidak ada bantuan apa-apa dari pemerintah untuk mereka. Namun ada relawan yang menyediakan nasi bungkus.

"Kami sudah empat hari ada di penampungan di pelabuhan. Hari ini katanya kapal berangkat ternyata ditunda lagi," tambah Agus.

Calon penumpang tujuan Pulau Masalembu lainnya, Khusnul Khotimah (20) jatuh sakit sejak dua hari lalu. Ia ditemani suaminya, Ismail.

Khusnul sempat dibawa ke Rumah Sakit Islam Kalianget. Setelah diperiksa, ia kembali lagi dan tidur di pelabuhan dengan alas seadanya.

"Saya sudah satu minggu. Istri saya sakit ini, panas, sudah dua hari," kata Ismail.

Berdasarkan pengumuman yang ditempelkan di tempat pembelian tiket Pelabuhan 3 kalianget, pemberangkatan KM Sabuk Nusantara 92 yang direncanakan hari ini, Sabtu (22/1), ditunda sampai kondisi cuaca membaik.



Simak Video "Suasana Jabodetabek Diterjang Angin Kencang: Pohon Tumbang Timpa Truk"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)