Babat Lamongan Sudah 2 Hari Kebanjiran Gegara Terus Diguyur Hujan Lebat

Eko Sudjarwo - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 17:10 WIB
banjir di lamongan
Jalan di Babat masih terendam (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Hujan deras di wilayah Babat selama beberapa jam membuat wilayah itu kembali dilanda banjir. Banjir di Babat ini sudah berlangsung sejak Rabu (19/1).

Lurah Babat Mohammad Faris Hasbi membenarkan jika banjir melanda kawasan Babat. Faris menyebut, setidaknya ada 10 titik jalan di kawasan Babat yang terendam banjir akibat tingginya curah hujan ini. Hanya saja, untuk jumlah rumah yang terendam pihaknya masih terus melakukan pendataan.

"Berdasarkan pantauan kami di lapangan, untuk akses jalan ada sekitar 10 titik lokasi dan jalan yang terendam," kata Faris saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/1/2022).

banjir di lamonganJalan di Babat masih terendam (Foto: Eko Sudjarwo)

Banjir di Babat ini, menurut Faris, disebabkan buruknya saluran drainase yang dipenuhi dengan sampah dan kurang maksimalnya pintu air yang berada di Bedahan Babat. Selain itu, lanjut Faris, faktor lain yang menyebabkan banjir di Babat belum surut adalah kiriman air dari beberapa wilayah di sekitaran Kecamatan Babat karena Babat sendiri adalah daerah dataran rendah.

"Sebenarnya banjir di Babat ini Rabu lalu itu sudah surut, tapi sekitar pukul 04.00 pagi air kiriman datang dan kembali banjir," ujarnya.

Faris mengaku banjir yang terjadi di wilayah Babat ini hampir tiap tahun terjadi. Penanganan, aku Faris, juga sudah dan terus dilakukan. Saat ini, tandas Faris, pihaknya bekerja sama dengan PU SDA telah mengoptimalkan 3 pompa untuk menyedot air.

"Setiap tahunnya selalu kebanjiran, tapi kami sudah berkoordinasi dengan pihak SDA, ke depan kita berharap agar Rawa Sogo bisa dinormalisasi sehingga banjir bisa kita atasi," jelasnya.

Akibat banjir yang melanda wilayah Babat tersebut, aktivitas masyarakat sekitar terganggu. Hingga kini, banjir masih juga belum ada tanda-tanda akan surut bahkan diperkirakan akan terus bertahan apabila intensitas hujan yang mengguyur Babat terus terjadi.

"Ya terganggu mas, mau lewat juga harus lewat genangan air," aku Lilik, salah satu warga Babat.



Simak Video "Penampakan Banjir di Lamongan Akibat Luapan Bengawan Njero"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)