Imbas Banjir di Jombang, Dapur Rumah Warga Ambruk

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 13:52 WIB
banjir di jombang
Dapur rumah warga yang ambruk (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Banjir di Desa Kademangan, Mojoagung, Jombang yang sempat merendam 700 rumah warga, siang ini mulai surut. Salah satu rumah warga mengalami kerusakan cukup parah akibat banjir tersebut.

Kerusakan terjadi di rumah Sri Kurniawati (46), warga Perumahan Mojoagung Permai, RT 5 RW 3 Dusun Kebondalem, Desa Kademangan. Sehari-hari, rumah ini ia tinggali bersama ibu, 2 anak dan 1 cucunya.

Banjir akibat meluapnya Sungai Catakbanteng dan Pancir Gunting melanda Dusun Kebondalem sejak Kamis (20/1) pukul 19.00 WIB. Menurut Sri, saat itu ketinggian air yang menggenangi rumahnya mencapai 50 cm. Tiba-tiba dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB, bangunan dapur rumahnya ambruk.

"Saya posisi di kamar sambil lihat banjir di luar naik apa tidak, khawatir barang di luar ikut hanyut saya tidak tidur. Kemudian saya dengar suara krak krak ambruk, ternyata dapur saya ambruk," kata Sri kepada wartawan di lokasi, Jumat (21/1/2022).

Dinding dapur rumah Sri sekitar 2x7 meter persegi roboh. Selain itu, sebagian perabotan miliknya tercebur ke banjir. Saat itu, ia tidak berani mengambil perabotan tersebut karena takut diserang ular. Baru selepas Salat Subuh ia mengambil perabotan miliknya.

"Ambruknya kena banjir kemudian dindingnya roboh. Karena bawahnya terkikis air dan kena angin, kemarin malam hujan angin," jelasnya.

Sri berharap pemerintah segera mengucurkan bantuan untuk memperbaiki dapur rumahnya. Karena hujan masih akan terus terjadi. Di lain sisi, binatang luar juga rawan masuk ke dalam rumahnya melalui dapur yang sudah ambruk.

"Sebenarnya khawatir, tapi mau tinggal di mana lagi rumahnya hanya ini. Harapannya dapat bantuan untuk memperbaiki," ujarnya.

Kepala Dusun Kebondalem Irwan Susanto memastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir kali ini. Menurutnya, kerusakan bangunan hanya terjadi di dapur rumah Sri. Yakni akibat terjangan banjir sejak kemarin malam.

"Robohnya dampak air yang cukup tinggi dan deras. Sehingga tidak kuat rumahnya, pagi tadi roboh," cetusnya.

Irwan mengaku telah melaporkan kerusakan pada rumah Sri ke Kepala Desa Kademangan. Untuk penanganan sementara, ia berencana memasang asbes dan terpal untuk menutup bagian belakang rumah korban.

"Kami akan pengadaan asbes dan terpal untuk menutup sementara sehingga tidak dingin dan terjadi hal yang lain," tandasnya.



Simak Video "Banjir Rob Terjang Pantai Utara Probolinggo, Warga Pesisir Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)