Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi Mulai Bersih-bersih Jelang Imlek

Ardian Fanani - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 14:27 WIB
Umat di Klenteng Hoo Tong Bio mengganti lampion sambut Imlek 2022.
Klenteng Hoo Tong Bio (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio mulai bersolek. Klenteng di Banyuwangi ini siap menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili, yang jatuh pada Selas, 1 Februari 2022 mendatang.

"Kami mulai membersihkan tempat ibadah kami, karena tanggal 1 Februari 2022 ini sudah tahun baru," ujar Alexander Martin, Sekretaris TITD Hoo Tong Bio kepada detikJatim, Jumat (21/1/2022).

Klenteng yang berada di Kelurahan Karangrejo ini tampak ramai dengan aktivitas bersih-bersih yang dilakukan umat di luar bangunan. Sejumlah lampion lama juga diganti dengan yang baru sebagai simbol nuansa baru.

"Harapan penggantian lampion memunculkan semangat baru. Umat diharapkan mendapatkan rezeki melimpah dan sehat sepanjang masa," tutur Alexander.

Menurut ALexander, kegiatan bersih-bersih ini akan tetap berlanjut hingga hari Minggu depan. Rencananya, pembersihan dilakukan di dalam klenteng. Kegiatannya meliputi mengganti jubah Yang Mulia Kongco, abu hingga taplak bordir dengan huruf China.

Alexander menambahkan prosesi perayaan Tahun Baru Imlek akan digelar pada Senin 31 Januari 2022 mendatang. Pada malam pergantian tahun itu, umat akan berdoa untuk kebaikan umat yang salah satunya adalah agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Kita akan berdoa semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir," kata Alexander.

Pada perayaan Imlek, terang ALexander, pihaknya tak hanya akan menggelar ritual sembahyang tahun baru. Namun juga akan menggelar pertunjukan kesenian sederhana yang disiapkan klenteng dengan Pemkab Banyuwangi.

Pertunjukan kesenian ini rencananya akan digelar pada tanggal 5 hingga 6 Februari dengan memadukan kesenian etnis Tiongkok dan Using. Meski demikian, dalam pertunjukan ini, pihaknya tetap akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Untuk Banyuwangi Rebound dengan perayaan Imlek akan digelar 5 dan 6 Februari dengan protokol kesehatan ketat. Nantinya akan ada kegiatan kesenian barongsai perpaduan etnis Using dan Tiongkok kami gelar. Juga ada sajian kuliner yang juga digelar selama sehari," pungkasnya.



Simak Video "Meriahnya Perayaan Tahun baru Imlek di Kota Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)