Banjir Kembali Terjang Jember, 5 Rumah Ambruk Terbawa Arus

Yakub Mulyono - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 09:11 WIB
Banjir Kembali Terjang Jember, 5 Rumah Ambruk Terbawa Arus
Banjir di Jember (Foto: Yakub Mulyono/detikcom)
Jember -

Banjir kembali menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Jember. 5 Rumah dilaporkan ambruk dan terbawa arus.

Data TRC BPBD Jember, banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Petung, Kamis (20/1) malam. Sungai ini melintasi wilayah Kecamatan Panti, Bangsalsari dan Rambipuji.

"Dari asessment awal, paling parah di Dusun Pertelon, Desa Pakis, Kecamatan Panti. Di sini ada 3 rumah yang sudah terkikis dan hanyut terbawa sungai. Rumah Pak Wahid, Pak Ari dan Bu Yuliatin," kata Anggota TRC BPBD Jember Firman Arifianto, Jumat (21/1/2022).

Kemudian di Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari, ada dua rumah yang juga tergerus terbawa arus sungai

"Yakni rumah Pak Tipa dan Pak Siti, untuk yang terbawa arus sungai. Yakni bagian dapurnya yang dekat dengan aliran sungai," kata Firman.

"Secara total, 12 rumah terdampak dengan kemasukan lumpur dan 5 rumah yang (Bagian bangunannya) terbawa arus sungai," sambungnya.

Saat terjadi banjir, lanjut pria yang akrab dipanggil Arif ini, warga diketahui juga melakukan evakuasi mandiri. Karena merasa takut dan trauma akibat dampak banjir bandang Panti 2006 lalu.

"Tapi saat kami datang, warga merasa tenang. Mengingat banjir mulai surut, warga juga mulai membersihkan rumah dari lumpur, dan menyelamatkan harta bendanya yang tersisa," katanya.

Terkait dampak banjir luapan di Jember tersebut, diketahui hanya mengalami kerusakan bangunan. Belum ada data yang menyebut adanya korban jiwa.

"Untuk korban Alhamdulillah nihil, tapi rumah yang sebagian bangunannya terbawa arus sungai, juga untuk di wilayah terdampak parah ini rumah itu kemasukan lumpur selain sempat terendam air. Untuk ketinggian lumpur 70 - 90 cm," ungkapnya.

Selanjutnya sebagai langkah antisipasi warga yang khususnya berada dekat aliran sungai diimbau untuk mengungsi dulu di balai desa.

"Juga dibantu tagana dikirimi makanan nasi bungkus sebagai makan malam warga. Nanti menyusul untuk kebutuhan makanan (bagi warga lainnya)," pungkasnya.



Simak Video "Banjir Rob Terjang Pantai Utara Probolinggo, Warga Pesisir Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)