Satwa Koleksi KBS Mati Lagi, Kali Ini Anoa Bernama Bobby

Esti Widiyana - detikJatim
Kamis, 20 Jan 2022 14:15 WIB
Bobby, anoa koleksi KBS
Bobby, anoa koleksi KBS yang mati (Foto: Dok. Kebun Binatang Surabaya)
Surabaya -

Lagi-lagi satwa koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) ditemukan mati. Setelah gajah dan orang utan, kini seekor anoa bernama Bobby mati. Bobby mati pada Minggu (16/1).

Humas KBS Agus Supangkat mengatakan Bobby mati di usia 19 tahun. Menurut Agus, usia itu tergolong sudah tua. Bobby sendiri sudah menjadi koleksi KBS sejak tahun 2006.

Agus menambahkan penyebab matinya Bobby hingga kini belum diketahui. Namun sebelum mati, Bobby mengalami penurunan nafsu makan dan tidak bisa berdiri. Mengetahui itu, pihaknya kemudian melaporkan ke BBKSDA dan sempat mendapat pertolongan medis.

"Dengan pendampingan BBKSDA, tim medis memberikan tindakan medis berupa pemberian infus intra vena, vitamin, mineral, obat anti kembung, antibiotika, dan pemberian pakan alami. Kemudian dilakukan pengawasan selama 24 jam penuh oleh tim medis dan perawat satwa," jelas Agus, Kamis (20/1/2022).

Pasca-penanganan Bobby, Agus menyebut kondisi Bobby sempat nafsu kembali membaik dan sudah bisa berdiri. Namun untuk pernapasannya diketahui belum normal.

Bobby kemudian diketahui mati sekitar pukul 17.30 WIB. Manajemen KBS langsung melaporkan ke BBKSDA, kemudian dilakukan autopsi oleh tim medis dan BBKSDA. Dugaan sementara Bobby mati kerena faktor usia.

"Diagnosa sementara disebabkan faktor usia yang sudah tua, sehingga fungsi organ tubuh satwa mengalami penurunan. Berdasarkan hasil penelitian dan literatur yang ada menyebutkan rata-rata usia hidup Anoa berkisar 22-24 tahun," jelasnya.

Untuk memastikan penyebab kematian Bobby, pihak manajemen KBS sendiri telah mengirim sampel tubuh ke laboratorium. Sampel itu yakni beberapa bagian tubuh Bobby. Dengan kematian Bobby, kini koleksi anoa di KBS tersisa lima ekor.



Simak Video "Warga Liburan ke Kebun Binatang Surabaya, Arus Lalin Macet!"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)